Respon Pertumbuhan Bibit Tanaman Kopi Arabika (coffea arabica L.) Varietas Andongsari 1 Melalui Pemberian Pupuk Organik Cair Kulit Pisang Kepok

Ramadhan, Muh. Rizki (2024) Respon Pertumbuhan Bibit Tanaman Kopi Arabika (coffea arabica L.) Varietas Andongsari 1 Melalui Pemberian Pupuk Organik Cair Kulit Pisang Kepok. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (14kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (25kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (71kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Respon Pertumbuhan Bibit Tanaman Kopi Arabika (Coffea arabica L.) Varietas Andungsari 1 Melalui Pemberian POC Kulit Pisang Kepok, Muh. Rizki Ramadhan, NIM. A32211848, Tahun 2024, 59 hlm, Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Ramadhan Taufika, S.Si., M.Sc. (Dosen Pembimbing) Tanaman kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang dibudidayakan di Indonesia. Kopi merupakan komoditas penting bagi Indonesia karena bisa menyumbangkan devisa bagi negara. Sistem perbanyakan kopi ada dua cara yaitu generatif dan vegetatif, yang masing-masing memerlukan unsur hara yang cukup dengan cara pemberian pupuk. Pupuk terbagi menjadi 2 yaitu pupuk anorganik dan organik. Pisang kepok (Musa paradisiaca) adalah salah satu buah yang banyak dikonsumsi. Tingginya konsumsi pisang kepok ini mengakibatkan kulit pisang kepok akan semakin banyak terbuang. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu alternatif dari penggunaan anorganik yang berdampak buruk karena merusak struktur tanah yaitu dengan pupuk organik karena bermanfaat memperbaiki struktur tanah, salah satunya dengan POC kulit pisang kepok. Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan kulit pisang kepok yang bermanfaat menjadi POC terhadap pertumbuhan bibit kopi arabika varietas Andungsari 1. Kegiatan ilmiah ini bertujuan guna untuk mengetahui pengaruh pupuk organic cair (POC) kulit pisang kepok pada pertumbuhan bibit kopi arabika varietas andongsari1. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2023 bertempat di lahan Politeknik Negeri Jember. Metode yang digunakan adalah metode RAK (Rancangan Acak Kelompok) non factorial dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Adapun perlakuan yang digunakan yaitu P1 (0ml POC kulit pisang kepok/100ml air), P2 (2ml POC kulit pisang kepok/100ml air), P3 (4ml POC kulit pisang kepok/100ml air), P4 (6ml POC kulit pisang kepok/100ml air), dan P5 (8ml POC kulit pisang kepok/100ml air. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa hasil POC kulit pisang kepok tidak pengaruh nyata atau non signifikan pada setiap pengamatan parameter. Tetapi menunjukkan bahwa aplikasi P2 (2ml POC kulit pisang kepok/100ml air) mampu mendorong pertumbuhan bibit kopi arabika varietas andungsari1 pada pertumbuhan vegetatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTaufika, RamadhanNIDN0001049105
Uncontrolled Keywords: Bibit Kopi Arabika, Kulit pisang kepok, EM4, Tetes tebu
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Muh. Rizki Ramadhan
Date Deposited: 02 Aug 2024 06:27
Last Modified: 02 Aug 2024 06:28
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35901

Actions (login required)

View Item View Item