Aplikasi Agensia Hayati Bakteri Corine (Corynebacterium sp.) Untuk Pengendalian Penyakit Hawar Daun (Xanthomonas campestris pv oryzae) Pada Tanaman Padi Merah Di PT. Sirtanio Organik Indonesia

Rahman, Rizqi/Abdillah (2024) Aplikasi Agensia Hayati Bakteri Corine (Corynebacterium sp.) Untuk Pengendalian Penyakit Hawar Daun (Xanthomonas campestris pv oryzae) Pada Tanaman Padi Merah Di PT. Sirtanio Organik Indonesia. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (132kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (164kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (94kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP praktek lapang.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) yang telah dilaksanakan mahasiswa di PT.Sirtanio Organik Indonesia diharapkan mampu menjadi sumber literasi baru terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan pada sistem pertanian organik sebagai salah satu sistem yang berfokus dalam pengembangan strategi pertanian berkelnjutan. Praktik Kerja Lapang (PKL) telah berhasil dilaksanakan mulai tanggal 01 Maret – 30 Juni 2024 dengan durasi jam kerja rata-rata 8 jam setiap hari terhitung pada Senin – Sabtu. Metode yang dilakukan dalam kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) meliputi observasi, wawancara serta diskusi, praktek langsung di lapangan, menyusun laporan praktik kerja lapang, dan studi Pustaka sebgai sumber penguat dalam literasi isi laporan. Penggunaan Corynnebacterium sp. Sebagai salah satu upaya tindak pencegahan dan pengalihan penyakit Hawar Daun Bakteri (Xanthomonas campetris pv oryzae) dengan konsentrasi aplikasi normal 5-10 ml/l telah terbukti efektif. Meskipun peningkatan kosentrasi 2 kali lipat pada kondisi serangan apabila di lapang melewati ambang batas normal masih belum dilakukan uji yang valid di tingkat laboratorium. Pada prosedur perbanyakan yang telah dilakukan baik di dapur dan dilboratorim terbukti berhasil memperoleh produk bakteri corynebacterium sp dan telah didistribusikan pada petani mitra guna melngkapi sarana produksi pada bahan sediaan pestisida selama 1 periode tanam. SOP kelengkapan aplikasi pestisida perlu di pertegas penggunaanya sesuai dengan Peraturan Mentri Tenaga Kerja Republik Indonesia Nomor: Per-03/Men/1986 Tentang Syarat-Syarat Keselamatan dan Kesehatan di Tempat Kerja yang Mengelola Pestisida.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWardana, RudiNIDN0019028907
Uncontrolled Keywords: Pestisida, padi, penyakit
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Rizqi Abdillah Rahman
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:24
Last Modified: 06 Aug 2024 04:25
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35893

Actions (login required)

View Item View Item