Teknik Defoliasi Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharata L) Di Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Jawa Timur

Farhani, Mohammad Alif (2024) Teknik Defoliasi Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharata L) Di Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (633kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (715kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (708kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Praktek Kerja Lapang (PKL) merupakan kegiatan akademik yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa/mahasiswi Politeknik Negeri Jember. Kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman dan keterampilan khusus di dunia kerja sesuai dengan bidang keahliannya. Selama mengikuti kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) mahasiswa diharapkan mampu menerapkan ilmu-ilmu yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan untuk menyelesaikan tugas sesuia dengan lokasi PKL. Kegiatan ini dilaksanakan pada 01 Maret 2024 s/d 30 Juni 2024 dengan menggunakan metode pelaksanaan observasi, demonstrasi, studi pustaka, praktik lapang dan dokumentasi. Pada praktek kerja lapang yang telah dilaksanakan membahas tentang teknik defoliasi Jagung manis. Di kalangan masyarakat jagung manis semakin familiar karena memiliki banyak manfaat yang terkandung didalamnya. Selain itu, produksi jagung manis memiliki waktu yang singkat (genjah) dibanding jagung kompsit, sehingga dapat menguntungkan dari sisi waktu dalam budidaya. Salah satu upaya untuk menjaga ketersediaan benih Jagung Manis yang secara terus-menerus maka diperlukan teknik manipulasi budidaya tanaman. Teknik tersebut dapat dilakukan dengan cara defoliasi. Defoliasi adalah suatu kegiatan pemangkasan daun dengan tujuan untuk mengontrol pertumbuhan dan perkembangan tanaman untuk mendapatkan hasil produksi yang maksimal dan mencegah tanaman terserang hama dan penyakit. Defoliasi dilakukan pada bagian tangkai daun yang dibawah tongkol yang sudah tidak menghasilkan, gunakan alat yang tajam dan bersih kemudian pastikan kondisi lingkungan baik tidak sedang mengalami kekeringan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidodo, Tirto Wahyu199212172019031001
Uncontrolled Keywords: Defoliasi, jagung manis, teknik manipulasi budidaya
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 186 - Penyuluh Pertanian
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Farhani Mohammad Alif
Date Deposited: 02 Aug 2024 00:09
Last Modified: 02 Aug 2024 00:10
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35864

Actions (login required)

View Item View Item