Respon Perendaman Zat Pengatur Tumbuh Auksin Pada Pertumbuhan Setek Kopi Robusta (Coffea Canephora Pierre Ex a. Froehner) Dan Arabika (Coffea Arabica l.

Waskito, Bivario Ayubizareta (2024) Respon Perendaman Zat Pengatur Tumbuh Auksin Pada Pertumbuhan Setek Kopi Robusta (Coffea Canephora Pierre Ex a. Froehner) Dan Arabika (Coffea Arabica l. Undergraduate thesis, POLITEKNIK NEGERI JEMBER.

[img] Text (Abstract)
Abstrak Skripsi.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (215kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Pendahuluan Skripsi.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (222kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Skripsi.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (443kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
File Skripsi Upload Sipora.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman perkebunan seperti kopi tumbuh subur di daerah tropis dan merupakan hasil komiditi dengan mempunyai nilai ekonomi yang yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian zat pengatur tumbuh auksin IAA, NAA dan IBA terhadap pertumbuhan stek kopi robusta dan arabika. Penelitian ini dilaksanakan di Politeknik Negeri Jember. Penelitian ini nantinya dilaksanakan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 2 faktor perlakuan yang digunakan. Faktor pertama pemberian ZPT auksin IAA (Indole acetic acid) dengan beberapa konsentrasinya. Kemudian pemberian ZPT auksin NAA (Napthalene acetic acid) juga dengan beberapa konsentrasi. Dan pemberian ZPT auksin IBA (Indole butyric acid). Didapat data dari berbagai macam parameter yaitu : Kecepatan tumbuh tunas, panjang tunas , panjang daun, persentase setek tumbuh tunas dan terakhir persentase setek hidup yang telah diuji lanjut dengan menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) yang dimana jika hasilnya berbeda nyata pada ANOVA maka akan dilakukan uji lanjut menggunkan Uji BNJ dalam taraf 5%. Pemberian zat pengatur tumbuh auksin IBA memiliki pengaruh yang paling baik pada parameter waktu muncul tunas, panjang tunas, dan panjang daun dari semua perlakuan jenis zat pengatur tumbuh auksin. Pada persentase setek hidup untuk perlakuan jenis kopi menunjukan kopi arabika yang merupakan jenis kopi yang pertumbuhannya paling baik. Dapat disimpulkan bahwa penelitian yang telah dilakukan ini mendapatkan hasil yang berbeda sangat nyata pada berbagai macam parameter seperti persentase setek hidup, waktu muncul tunas, panjang tunas, panjang daun. Sedangkan pada parameter persentase setek hidup tumbuh tunas mendapati hasil yang non signifikan/tidak berbeda nyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAsmono, Sepdian LuriNIDN0003098604
Uncontrolled Keywords: Setek Kopi, Zat Pengatur Tumbuh Auksin
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Pengelolaan Perkebunan Kopi > Tugas Akhir
Depositing User: Bivario Ayubizareta Waskito
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:58
Last Modified: 30 Jul 2024 07:59
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35587

Actions (login required)

View Item View Item