Sistem Pengelolaan Kualitas Udara Cerdas Berbasis Internet of Things Guna Meningkatkan Kenyamanan dan Kesehatan Ruang Kerja

Wisesa, Maulana Wira (2024) Sistem Pengelolaan Kualitas Udara Cerdas Berbasis Internet of Things Guna Meningkatkan Kenyamanan dan Kesehatan Ruang Kerja. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (308kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (304kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN TUGAS AKHIR REVISI 3 - PERPUSTAKAAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kesadaran akan pentingnya kesehatan di tempat kerja masih relatif rendah di kalangan masyarakat. Padahal, kualitas udara dalam ruangan memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan dan produktivitas pekerja. Penelitian ini menekankan pentingnya memantau kualitas udara di lingkungan kerja dan memperkenalkan sistem pemantauan kualitas udara berbasis IoT sebagai solusi inovatif. Laporan ini menjelaskan perancangan dan implementasi sistem pemantauan kualitas udara berbasis IoT yang terdiri dari perangkat keras dan aplikasi Android. Sistem ini menggunakan sensor MQ-135 dan MQ-7 untuk mendeteksi kadar karbon dioksida (CO2) dan karbon monoksida (CO), yang kemudian dikirimkan ke Firebase Realtime Database dan ditampilkan melalui aplikasi android. Proses perancangan perangkat keras seperti sensor, LED indikator, buzzer, dan relay telah dijelaskan secara detail. Setiap komponen berfungsi sesuai dengan skenario yang dirancang. Aplikasi android yang dirancang memiliki dua tampilan utama yaitu, dashboard untuk menampilkan data real-time dan kontrol manual, serta halaman riwayat untuk menampilkan data historis dan analisis grafis. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memantau kualitas udara secara terus-menerus dan mengontrol perangkat keras dari jarak jauh. Pengujian dilakukan selama tiga periode waktu yang berbeda untuk memastikan bahwa sistem berfungsi dengan baik dalam kondisi yang berbeda. Pengujian menunjukkan bahwa sistem ini mampu mendeteksi, mengirim, dan menampilkan data kualitas udara secara efektif. Sistem memberikan peringatan ketika kualitas udara menurun dan memungkinkan kontrol manual melalui aplikasi android. Dengan implementasi yang lebih luas, sistem ini berpotensi meningkatkan kesehatan dan produktivitas pekerja secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWiryawan, I Gede0017018808
Uncontrolled Keywords: Internet of Things, IOT, Aplikasi Android, MQTT, MQ-135, MQ-7, ESP 8266
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 457 - Teknik Komputer
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Teknik Komputer > Tugas Akhir
Depositing User: Maulana Wira Wisesa
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:18
Last Modified: 31 Jul 2024 03:18
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35445

Actions (login required)

View Item View Item