Pengaruh Lama Fermentasi Penambahan Cengkeh (Syzygium aromticum L) Terhadap Karakteristik Kimia Dan Sensoris Teh Kombucha

Taufiqi, Muhammad Zidnalmuna (2024) Pengaruh Lama Fermentasi Penambahan Cengkeh (Syzygium aromticum L) Terhadap Karakteristik Kimia Dan Sensoris Teh Kombucha. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Text (Ringkasan).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (253kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Text (Bab 1 Pendahuluan).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (284kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (237kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Text (Laporan Lengkap).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh Lama Fermentasi Penambahan Cengkeh (Syzygium aromaticum L) Terhadap Karakteristik Kimia Dan Sensoris Teh Kombucha, Muhammad Zidnalmuna Taufiqi NIM. B32210195, Tahun 2024, 40 halaman, Teknologi Pertanian, Politekniik Negeri Jember, Ir. Abi Bakri M.Si, (Dosen Pembimbing). Teh kombucha adalah salah satu produk minuman menyegarkan dan menyehatkan yang memiliki rasa sedikit manis dan asam. Teh kombucha dihasilkan melalui proses fermentasi selama 7-21 hari dari larutan teh dan gula. Teh kombucha di fermentasi menggunakan gabungan dari bakteri dan khamir biasa dikenal dengan SCOBY (symbiotic culture of bacteria and yeast). Cengkeh berperan sebagai penyedap rasa atau bahan seasoning dalam berbagai makanan dan minuman. cengkeh memiliki aroma yang enak yang berasal dari minyak atsiri yang terdapat dalam jumlah yang cukup besar, baik dalam bunga (10-20%), tangkai (5-10%) maupun daun (1-4%), selain itu minyak cengkeh mempun komponen eugenol dalam jumlah besar (70-80%). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama fermentasi penambahan cengkeh terhadap karakteristik kimia dan sensoris pada teh kombucha. Pada karakteristik kimia meliputi kadar gula perduksi, pH, dan alkohol serta pada karakteristik sensoris meliputi warna, aroma, dan rasa. Penelitian ini juga dilakukan penentuan perlakuan terbaik. Penelitian ini menggunakan rancangan peecobaan RAL (Rancangan Acak Lengkap) dengan satu faktor yaitu lama fermentasi teh kombucha yang terdiri dari 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan pertama yaitu P0 dengan lama fermentasi 0 hari (Kontrol), perlakuan kedua yaitu P1 dengan lama fermentasi 6 hari. Perlakuan ketiga yaitu P2 dengan lama fermentasi 8 hari. Perlakuan keempat yaitu P3 dengan lama fermentasi 12 hari. Perakuan kelima yaitu P4 dengan lama fermentasi 14 hari. Hasil penelitian menunjukkan Perbedaan lama fermentasi penambahan cengkeh pada teh kombucha berpengaruh nyata tergadap karakteristik kimia dan sensoris teh kombucha. Penentuan perlakuan terbaik menggunakan metode De Garmo menunjukkan pada perlakuan P1 mendapatkan rangking paling tinggi, dengan lama fermentasi 6 hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBakri, AbiNIDN0012126209
Uncontrolled Keywords: Teh Kombucha, Cengkeh, Kimia dan Sensoris
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Zidnalmuna Taufiqi
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:17
Last Modified: 30 Jul 2024 02:19
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35435

Actions (login required)

View Item View Item