Perbandingan Pertumbuhan Bibit Tebu Asal Bahan Tanam Bud Set Dan Bud Chip Varietas Hw Merah (Saccharum Officinarum L.)

Pramudhita, Ryan (2024) Perbandingan Pertumbuhan Bibit Tebu Asal Bahan Tanam Bud Set Dan Bud Chip Varietas Hw Merah (Saccharum Officinarum L.). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (261kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (273kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pusata.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (113kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

“Perbandingan Pertumbuhan Bibit Tebu Asal Bahan Tanam Bud Set Dan Bud Chip Varietas Hw Merah (Saccharum Officinarum L.)”, Ryan Pramudhita, NIM. A32211959, Tahun 2024, hlm, Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember. Tanaman Tebu (Saccaharum officinarum L.) adalah tanaman penghasil gula yang menjadi salah satu sumber karbohidrat. Tanaman ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga kebutuhannya terus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Namun peningkatan konsumsi gula belum dapat diimbangi oleh produksi gula dalam negeri. Hal tersebut terbukti pada tahun 2019 produksi gula dalam negeri hanya mencapai 2.5 juta ton dengan target seharusnya 2.8 juta ton. Penyebab rendahnya produksi gula dalam negeri salah satunya dapat dilihat dari sisi on farm, diantaranya penyiapan bibit dan kualitas bibit tebu.Tebu merupakan faktor terpenting dalam pengusaan tebu giling. Kualitas bibit tebu memiliki salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan pengusaha tanaman tebu. Varietas unggul maupun tidak akan terlihat potensi yang sebenarnya apabila bibit yang digunakan bermutu rendah. Untuk memenuhi kebutuhan bibit dapat dilakukan sistem bud chip. Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Pertumbuhan Bibit Tebu Asal Bahan Tanam Bud Set Dan Bud Chip Varietas Hw Merah (Saccharum Officinarum L.) dengan menggunakan bahan tanam asal bahan tanam bud set dan bud chip. Pelaksanaan Tugas Akhir ini menggunakan perhitungan uji t-tes. Parameter meliputi Daya Kecambah, tinggi tanaman, jumlah daun, dan Jumlah anakan tanaman. Hasil tugas akhir menunjukkan bahwa Pertumbuhan bibit asal bahan tanam bud set dibandingkan dengan asal bahan tanam bud chip pada varietas HW merah pada semua parameter berbeda nyata, asal bahan bud chip memberikan pertumbuhan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTriwidiarto, CherryNIDN0019035094
Uncontrolled Keywords: Tanaman Tebu (Saccaharum officinarum L.) adalah tanaman penghasil gula yang menjadi salah satu sumber karbohidrat. Tanaman ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga kebutuhannya terus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Namun peningkatan konsumsi gula belum dapat diimbangi oleh produksi gula dalam negeri. Hal tersebut terbukti pada tahun 2019 produksi gula dalam negeri hanya mencapai 2.5 juta ton dengan target seharusnya 2.8 juta ton. Penyebab rendahnya produksi gula dalam negeri salah satunya dapat dilihat dari sisi on farm, diantaranya penyiapan bibit dan kualitas bibit tebu.Tebu merupakan faktor terpenting dalam pengusaan tebu giling. Kualitas bibit tebu memiliki salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan pengusaha tanaman tebu. Varietas unggul maupun tidak akan terlihat potensi yang sebenarnya apabila bibit yang digunakan bermutu rendah. Untuk memenuhi kebutuhan bibit dapat dilakukan sistem bud chip. Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Pertumbuhan Bibit Tebu Asal Bahan Tanam Bud Set Dan Bud Chip Varietas Hw Merah (Saccharum Officinarum L.) dengan menggunakan bahan tanam asal bahan tanam bud set dan bud chip. Pelaksanaan Tugas Akhir ini menggunakan perhitungan uji t-tes. Parameter meliputi Daya Kecambah, tinggi tanaman, jumlah daun, dan Jumlah anakan tanaman. Hasil tugas akhir menunjukkan bahwa Pertumbuhan bibit asal bahan tanam bud set dibandingkan dengan asal bahan tanam bud chip pada varietas HW merah pada semua parameter berbeda nyata, asal bahan bud chip memberikan pertumbuhan yang lebih baik.
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 156 - Pemuliaan Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Ryan Pramudhita
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:14
Last Modified: 30 Jul 2024 02:15
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35431

Actions (login required)

View Item View Item