PERTUMBUHAN BIBIT BUD CHIP DAN BUD SET PADA BEBERAPA VARIETAS TANAMAN TEBU (Saccharium officinarum L.)

Pramudya, Ovia Lingga Lintang (2024) PERTUMBUHAN BIBIT BUD CHIP DAN BUD SET PADA BEBERAPA VARIETAS TANAMAN TEBU (Saccharium officinarum L.). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (451kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (461kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (425kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Tugas Akhir Ovia Lingga Lintang Pramudya 1.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman tebu (Saccharum officinarum L.) merupakan satu-satunya penghasil gula putih Indonesia, namun produksi gula belum mampu memenuhi permintaan gula dalam negeri yang terus meningkat seiring dengan pertambahan penduduk. Upaya peningkatan produksi gula Indonesia harus dipastikan bahwa proses pelaksanaan budidaya tanaman tebu sesuai dengan standar. Produktivitas gula putih sangat dipengaruhi oleh penggunaan varietas bibit, sistem penanaman dan sistem pemeliharaan. Penggunaan mata tunas tunggal sebagai bahan tanam dapat meningkatkan produktivitas tebu karena dapat menghasilkan lebih banyak anakan per tanaman dibandingkan bibit bagal. Bibit bermata tunas tunggal dapat menghasilkan 10 bibit per tanaman, sedangkan bibit bagal hanya menghasilkan 5 bibit per tanaman. Bibit bermata tunas tunggal tumbuh lebih banyak dalam waktu yang bersamaan, Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asal bahan tanam terhadap pertumbuhan bibit tebu (Saccharum officinarum L.), mengetahui varietas tanaman tebu yang baik pada pertumbuhan bibit tebu (Saccharum officinarum L.), dan mengetahui interaksi asal bahan tanam dan macam varietas tebu pada pertumbuhan bibit tebu (Saccharum officinarum L.). Tugas Akhir ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan November 2023 di Lahan Politeknik Negeri Jember. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah asal bahan tanam Bud Chip (P1) dan Bud Set (P2). Faktor kedua adalah macam varietas yang terdiri dari varietas HW Merah (V1), varietas CYZ 71/95 (V2), varietas VMC 7616 (V3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perlakuan asal bahan tanam berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman tebu pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun tebu, dan jumlah anakan. pada perlakuan macam varietas tebu memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman tebu pada parameter tinggi, jumlah daun daun, jumlah anakan tebu, serta ada beberapa terjadi interaksi asal bahan tanam dengan macam varietas tebu terhadap pertumbuhan tanaman tebu pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSupriadi, SupriadiNIDN0020055907
Uncontrolled Keywords: Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asal bahan tanam terhadap pertumbuhan bibit tebu (Saccharum officinarum L.), mengetahui varietas tanaman tebu yang baik pada pertumbuhan bibit tebu (Saccharum officinarum L.), dan mengetahui interaksi asal bahan tanam dan macam varietas tebu pada pertumbuhan bibit tebu (Saccharum officinarum L.). Tugas Akhir ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan November 2023 di Lahan Politeknik Negeri Jember. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah asal bahan tanam Bud Chip (P1) dan Bud Set (P2). Faktor kedua adalah macam varietas yang terdiri dari varietas HW Merah (V1), varietas CYZ 71/95 (V2), varietas VMC 7616 (V3).
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 156 - Pemuliaan Tanaman
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 186 - Penyuluh Pertanian
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Ovia Lingga Lintang Pramudya
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:19
Last Modified: 30 Jul 2024 03:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35216

Actions (login required)

View Item View Item