Uji Kinerja Alat Kontrol Kelembaban Media Tanam Cocopeat Pada Tanaman Melon (Cucumis Melo L.) Dengan Sistem Irigasi Tetes Berbasis Arduino Uno

Azizah, Naili Syifa'ul (2024) Uji Kinerja Alat Kontrol Kelembaban Media Tanam Cocopeat Pada Tanaman Melon (Cucumis Melo L.) Dengan Sistem Irigasi Tetes Berbasis Arduino Uno. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (70kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (76kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (70kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini, teknologi telah berkembang sangat pesat seiring berjalannya waktu. Beberapa hasil perkembangan teknologi telah banyak dimanfaatkan, salah satunya digunakan pada bidang pertanian dan perkebunan. Pembuatan alat kontrol kelembaban pada media tanam cocopeat dengan sistem irigasi tetes berbasis Arduino Uno bertujuan untuk menyalurkan air ke tanaman secara otomatis. Tanaman melon (Cucumis melo L.) ditanam dengan berbagai cara sehingga menghasilkan buah melon yang segar dan manis, bebas dari hama dan hal-hal lain yang dapat mempengaruhi produktivitas dan mutu pada buah. Mengontrol kondisi kelembaban media tanam cocopeat sangat penting untuk pertumbuhan tanaman melon, kelembaban optimal sebaiknya antara 60%-70% agar tidak terlalu kering atau basah. Alat kontrol kelembaban diprogram untuk menghidupkan pompa air ketika pembacaan sensor kelembaban pada media tanam cocopeat <60%, sebaliknya jika pembacaan sensor kelembaban pada media tanam cocopeat 70% maka secara otomatis Arduino Uno memberikan perintah kepada SSR-40 DA untuk memutuskan arus listrik ke pompa air, sehingga pompa air akan mati secara otomatis. Berdasarkan pembahasan tersebut yaitu melakukan proses pengujian kelayakan pada alat kontrol kelembaban yang dimana media tanam cocopeat diukur dengan alat yang sudah diprogram, setelah dilakukan pengujian skala laboratorium, dilakukan pengujian alat kontrol kelembaban pada media tanam cocopeat. Oleh karena itu kesimpulannya adalah nilai kelembaban yang diperoleh sesuai dengan kelembaban yang sudah diatur menggunakan Arduino Uno, pada kelembaban <60% pompa air hidup dan pada kelembaban 70% pompa air akan mati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBahariawan, AmalNIDN0011096802
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > Tugas Akhir
Depositing User: Naili Syifaul Azizah
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:25
Last Modified: 26 Jul 2024 03:25
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35204

Actions (login required)

View Item View Item