Rancang Bangun Sistem Penyaluran Air Otomatis Pada Masyarakat Lingkungan Masjid Al Muttaqin Kelurahan Baratan Berbasis Internet Of Things

Kholilurrohman, Muhammad (2024) Rancang Bangun Sistem Penyaluran Air Otomatis Pada Masyarakat Lingkungan Masjid Al Muttaqin Kelurahan Baratan Berbasis Internet Of Things. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (421kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (944kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (475kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Air menjadi suatu hal yang utama dalam kehidupan terutama dalam keperluan sebuah rumah tangga. Kebutuhan air meningkat sesuai dengan pertambahan penduduk dan peningkatan aktivitas yang memerlukan air. Pada Desa Lingkungan Krajan Kecamatan Patrang Kabupaten Jember merupakan dataran rendah, sebagian masyarakat kekurangan air saat musim kemarau. Ketika curah hujan mulai turun, meskipun ada peningkatan dalam pasokan air, air tersebut tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari. Masjid Al Muttaqin di Baratan Lingkungan Krajan memiliki sumur bor yang disalurkan kepada masyarakat sekitar. Proses penyaluran air terdapat 5 jalur utama untuk disalurkan kepada masyarakat. Setiap penggantian penyaluran air dilakukan secara manual oleh petugas. Tugas Akhir ini bertujuan untuk memberikan solusi dalam penyaluran air dapat dilakukan secara manual dan otomotis berbasis Internet of Things. Sistem ini menggunakan RTC untuk mengatur penjadwalan pada penyaluran air, solenoid valve untuk membuka atau menutup penyaluran air dan dilengkapi pengisian secara otomatis untuk mengatasi human error seperti kesalahan penjadwalan penyaluran air dan terjadi keluapan pada pengisian penyimapana air. Pada sistem ini dapat dilakukan kontrol melalui platform node red untuk melakukan kontrol penyaluran air. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan bahwa alat ini dapat bekerja dengan baik. Seperti halnya, menjalankan penyaluran air dan mode manual. Aplikasi yang dibuat menggunakan ip public sehingga dapat diakses menggunakan jaringan apapun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidiawan, BeniNIDN0016087806
Uncontrolled Keywords: node-red,mqtt,aws,iot,air,penyaluran
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 457 - Teknik Komputer
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Teknik Komputer > Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Kholilurrohman
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:44
Last Modified: 26 Jul 2024 09:08
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35073

Actions (login required)

View Item View Item