RINGKASAN Pemanfaatan Limbah Bonggol Pisang Sebagai Pupuk Organik Cair Dalam Budidaya Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) Di PT. Orgomedia Malang

Awlia, Ahmad Nizamuddin (2024) RINGKASAN Pemanfaatan Limbah Bonggol Pisang Sebagai Pupuk Organik Cair Dalam Budidaya Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) Di PT. Orgomedia Malang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (63kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (76kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu tanaman jenis palawija yang dikembangkan saat ini adalah kacang tanah. Kacang tanah merupakan salah satu tanaman pangan yang mengandung protein sebesar 27%. Di tempat PT. Orgomedia kacang tanah dibudidayakan dengan pembudidayaan organic. PT. Orgomedia dalah badan usaha pertanian organik yang ada di kota malang berdiri sejak tahun 2015 dengan kegiatan usaha yang dilakukan adalah produksi sayur, pangan, dan produksi pupuk organic cair. Dalam kegiatan pemasaran PT. Orgomedia dilakukan secara langsung dan melalui media sosial sehingga mampu menjangkau konsumen secara keseluruhan. Pertanian organik adalah teknik budidaya pertanian yang tidak menggunakan bahan kimia (non sintetik), tetapi memakai bahan-bahan organic. Lokasi kegiatan PKL yang dilakukan di PT. Orgo Organic Farm Indonesia beralamat di Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kabupaten Kota Malang, Jawa Timur. Pelaksanaan kegiatan PKL dimulai pada tanggal 1 Maret 2024 sampai dengan 29 juni 2024, lokasi yang dipilih merupakan salah satu perusahan perseorangan yang bergerak pada bidang pertanian organik. adapun kegiatan yang dilakukan dilokasi tersebut adalah melakukan kegiatan produksi tanaman sayur secara organik, mulai dari pengolahan tanah hingga pasca panen. Tujuan khusus PKL ini adalah mampu melakukan proses budidaya secara organik, selain itu tujuan khusus dari PKL ini adalah dapat melakukan proses pembuatan pestisida nabati dan pembuatan pupuk cair secara organik sesuai dengan tahapan – tahapan yang diberikan baik dari proses produksi secara organik yang diterapkan mulai dari, proses persiapan lahan, pembibitan, penanaman, pemeliharaan dan perawatan tanaman, proses pengendalian hama hingga kegiatan pasca panen. Berdasarkan kegiatan praktik kerja lapang yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mampu menguasai secara menyeluruh rangkaian proses budidaya tanaman kacang tanah dari benih hingga meliputi pemeriksaan lapang pada setiap fase, pemeriksaan laboratorium, dan alat yang digunakan, serta mahasiswa mampu menguasai keterampilan dalam menerapkan tata cara dalam pemeriksaan lapang pada tanaman kacang tanah untuk pembenihan hingga mendapatkan sertifikat benih.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWardana, RudiNIDN0019028907
Uncontrolled Keywords: Kacang Tanah, POC, Pupuk
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Ahmad Nizamuddin Awlia
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:18
Last Modified: 26 Jul 2024 02:19
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35034

Actions (login required)

View Item View Item