Rochim, Rafsanjani Febio (2024) Analisis Usaha Pengemasan Baby Cumi Asin di Desa Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (7kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (11kB) |
|
Text (Full Text)
D31211922_Laporan Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (9kB) |
Abstract
Baby cumi asin adalah cumi-cumi kecil yang berukuran sekitar 3 sampai 5 cm, lalu diawetkan dimana dalam proses pengolahannya melalui proses pengeringan menggunakan metode penggaraman garam laut sebagai pengawetan dari cumi itu sendiri. Pelaksanaan kegiatan Tugas Akhir ini dilaksanakan mulai dari tanggal 19 Agustus sampai 30 November 2023 yang bertujuan untuk melaksanakan proses pengemasan,pemasaran hingga melakukan analisis usaha pada produk baby cumi asin. Proses pengemasan dilakukan sebanyak 5 kali pengemasan. Setiap satu kali proses pengemasan menghasilkan 20 kemasan dikerjakan dengan satu tenaga kerja dan membutuhkan waktu selama 1 jam dan dalam satu kemasan masing- masing memiliki berat produk yaitu 100 gram. Metode analisis usaha yang digunakan dalam tugas akhir iniadalah analisis Break Event Point (BEP), analisis Revenue Cost Ratio (R/C Ratio) dan analisis Return On Invesment (ROI). Hasil perhitungan pada analisis BEP (produksi) sebesar 15,79 kemasan dengan total produksi 20 kemasan, BEP (harga) menghasilkan Rp 8.687,7 /kemasan dengan harga jual yang ditetapkan yaitu sebesar Rp 11.000/kemasan. Hasil perhitungan pada analisis R/C Ratio sebesar 1,26 dan hasil perhitungan analisis ROI sebesar 21,55%, dari hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa usaha Pengemasan Baby Cumi Asin ini menguntungkan dan layak untuk dijalankan. Proses pemasaran produk Baby Cumi Asin ini dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Pemasaran secara langsung yaitu dengan cara menawarkan langsung kepada konsumen, dan untuk pemasaran tidak langsung dilakukan dengan cara dititipkan pada toko oleh-oleh yang ada di puger. Produk ini juga ditawarkan melalui media sosial seperti Whatsapp, Instagram, Facebook dan juga marketplace seperti Shopee
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha Pengemasan Baby Cumi Asin di Desa Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Rafsanjani Febio Rochim | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2024 02:53 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2024 02:54 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34982 |
Actions (login required)
View Item |