Analisis Usaha Keripik Kenikir di Desa Karanganyar Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember

Ramadhani, Sylvie Indah (2024) Analisis Usaha Keripik Kenikir di Desa Karanganyar Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (144kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (173kB)
[img] Text (Full Text)
D31212246_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (173kB)

Abstract

Keripik kenikir pedas daun jeruk merupakan salah satu produk diversifikasi dari tanaman daun kenikir. Tujuan tugas akhir ini yaitu mampu melakukan pembuatan keripik kenikir pedas daun jeruk, mampu menganalisis usaha keripik kenikir pedas daun jeruk, dan menentukan bauran pemasaran keripik kenikir pedas daun jeruk di Desa Karanganyar Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Kegiatan Tugas Akhir ini dilakukan selama 4 bulan dimulai tanggal 1 Agustus 2023 sampai 1 Desember 2023. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data primer dengan melakukan pencatatan / praktik, dan data sekunder yang diperoleh melalui lietarur. Metode Analisis usaha yang diterapkan menggunakan analisis usaha BEP (Break Event Point), R/C Ratio (Revenue Cost Ratio), dan ROI (Return On Investment). Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan menghasilkan BEP (produksi) sebanyak 19,31 kemasan dengan hasil produksi sebanyak 25 kemasan dan BEP (harga) sebesar Rp 7.722,56 per kemasan dengan harga jual sebesar Rp 10.000 per kemasan, R/C Ratio sebesar 1,29, dan ROI sebesar 7,32%. Berdasarkan dari hasil ketiga analisis usaha tersebut, maka usaha keripik kenikir pedas daun jeruk layak diusahakan. Produk ini menggunakan strategi pemasaran marketing mix 4P yaitu product, price, place, promotion. Produk keripik kenikir pedas daun jeruk dijual dengan harga Rp 10.000/kemasan dan menggunakan distribusi secara langsung yaitu dari produsen ke konsumen. Promosi yang digunakan yaitu personal selling dan promosi periklanan menggunakan media sosial yaitu WhatsApp dan Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMahanani, Retno SariNIDN0007057003
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Keripik Kenikir, Pedas Daun Jeruk
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Sylvie Indah Ramadhani
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:53
Last Modified: 22 Jul 2024 04:54
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34726

Actions (login required)

View Item View Item