Analisis Usaha Pengemasan Marning Jagung Rasa-Rasa Di Desa Kamal Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember

Rudiyanto, Afif (2024) Analisis Usaha Pengemasan Marning Jagung Rasa-Rasa Di Desa Kamal Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (249kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (156kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (253kB)
[img] Text (Full Text)
D31210199_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Marning Jagung Rasa Rasa adalah olahan makanan ringan yang berasal dari jagung yang divariasikan dengan penambahan rasa balado dan sapi panggang. Tujuan tugas akhir ini mencakup proses pengemasan, analisis usaha dan proses pemasaran. Pelaksanaan Tugas Akhir dilaksanakan di Desa Kamal Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember pada tanggal 01 Juli 2023 sampai dengan bulan 31 Oktober 2023. Proses pengemasan dan pemasaran dilakukan dengan praktik secara langsung sebanyak 5 kali dengan 1 tenaga kerja dalam waktu 1 jam, yang menghasilkan 100 kemasan dengan berat 100 gram per kemasan. Pengumpulan data laporan tugas akhir menggunakan pengumpulan data dengan praktek (Data Primer) dan pengumpulan data secara tidak langsung (Data Sekunder). Metode analisis usaha yang digunakan yaitu BEP (Break Event Point), R/C Ratio (Revenue Cost Ratio) dan ROI (Return On Investement). Tugas akhir ini menggunakan 4 bauran pemasaran yaitu Product, Price, Place dan Promotion. Hasil analisis diperoleh BEP (produksi) sebesar 16,23 kemasan dengan total produksi 20 kemasan, BEP (harga) sebesar Rp. 6.490,3 per kemasan dengan harga jual Rp 8.000 per kemasan, R/C Ratio sebesar 1,23 dan ROI sebesar 1,35%. Berdasarkan hasil tersebut pengemasan marning jagung rasa rasa ini menguntungkan dan layak diusahakan. Produk (product) yang dijual adalah Marning Jagung Rasa Rasa dengan harga jual (price) Rp.8.000/kemasan dengan volume 100 gram didistribusikan secara langsung kepada konsumen dan melalui media sosial WhatsApp. Produk ini dipromosikan dengan menyebar flyer melalui sosial media WhatsApp dan Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHudori, Huda AhmadNIDN0015059008
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Marning Jagung
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Afif Rudiyanto
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:06
Last Modified: 29 Jul 2024 04:07
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34572

Actions (login required)

View Item View Item