Analisis Usahatani Budidaya Tanaman Organik Selada Keriting (Lactuca sativa L) dengan Screen House di Hortimart Agro Center Bawen Semarang

Aulia, Mohammad Vito (2024) Analisis Usahatani Budidaya Tanaman Organik Selada Keriting (Lactuca sativa L) dengan Screen House di Hortimart Agro Center Bawen Semarang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (17kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Selada keriting (Lactuca sativa L) merupakan sayuran populer karena memiliki warna, tekstur serta aroma yang menyegarkan tampilan makanan dan salah satu sayuran yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi, kandungan gizi yang banyak membuat tanaman ini berpotensi untuk terus dibudidayakan. Selada keriting memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin antara lain : Kalsium, Fosfor, Besi, Vitamin A, B dan C (Sastradihardja, 2006). Semakin meningkatnya jumlah penduduk Indonesia dan kesadaran masyarakat akan kebutuhan gizi menyebabkan bertambah pesatnya permintaan akan sayuran terutama komoditas selada keriting, sehingga tanaman ini cocok dibudidayakan ( Nazaruddin, 2003). Selada keriting (Lactuca sativa L.) merupakan salah satu sayuran daun yang di gemari oleh masyarakat. Selada keriting biasanya dikonsumsi dalam bentuk segar sebagai lalapan. Restoran-restoran serta hortel juga menggunakan selada dalam masakannya misalnya salad, hamburger dan gado gado ( Romalasari, 2019). Selada memiliki berbagai kandungan gizi seperti serat, vitamin A, kalium dan kalsium. Selain itu selada memiliki khasiat lain seperti memperlancar metabolisme, menjaga kesehatan rambut, mencegah kulit menjadi kering dan mengobati insomnia (Supriati dan Herliana, 2014). Salah satu jenis selada adalah selada keriting, memiliki warna yang hijau dan renyah sehingga digemari banyak orang (Sumarni, 2001). Analisis usahatani adalah metode yang digunakan untuk menilai potensi keberhasilan dan keuntungan dalam usaha pertanian. Metode ini melibatkan perhitungan biaya produksi, estimasi pendapatan, dan evaluasi risiko yang dapat muncul dalam usaha tani. Dari hasil analisis usahatani yang ada di Hortimart Agro Center pada Budidaya Selada Keriting layak diusahakan karena menghasilkan nilai R/C 1,35.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKusparwanti, Tri RiniNIDN0019026203
Uncontrolled Keywords: Analisis Usahatani, Selada Keriting, Hortimart Agro Center.
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > PKL
Depositing User: Mohammad Vito Aulia
Date Deposited: 19 Jul 2024 04:20
Last Modified: 19 Jul 2024 04:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34535

Actions (login required)

View Item View Item