Pembuatan Sistem Irigasi Aeroponik Otomatis Pada Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) Dengan Sistem Kontrol Arduino Uno

Aziza, Ridha Ulfatul (2024) Pembuatan Sistem Irigasi Aeroponik Otomatis Pada Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) Dengan Sistem Kontrol Arduino Uno. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (131kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (136kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembuatan Sistem Irigasi Aeroponik Otomatis Pada Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) Dengan Sistem Kontrol Arduino Uno. Ridha Ulfatul Aziza NIM B31210653, Tahun 2024, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Ibu Elok Kurnia Novita Sari, S. TP. MP selaku Dosen Pembimbing. Pertumbuhan teknologi saat ini sangat pesat terutama pada teknologi pertanian untuk meningkatkan berbagai bahan pangan sehingga dapat menghasilkan usaha tani yang lebih berkualitas. Budidaya sayuran juga tergolong langka di daerah perkotaan karena membutuhkan lahan yang luas serta perawatan yang harus diperhatikan setiap harinya. Hal ini menjadikan sebuah ide pembuatan teknik budidaya tanaman menggunakan media tanpa tanah atau yang biasa disebut dengan hidroponik. Akan tetapi masih banyak perawatan tanaman termasuk irigasi yang dilakukan secara manual dan terus menerus sehingga mengakibatkan boros akan listrik. Pada pembuatan Sistem Irigasi Aeroponik Otomatis Berbasis Mikrokontroler akan mengatasi masalah tersebut untuk membantu masyarakat dalam mengontrol kebutuhan air pada tanaman sawi pakcoy. Menggunakan metode eksperimental dengan membuat alat penyiraman otomatis menggunakan sensor kelembaban untuk memberikan asupan air yang cukup pada tanaman. Alat ini dapat membantu proses irigasi pada sistem aeroponik dengan acuan 60% nilai kelembaban media tanam. Apabila kondisi media tanam <60% maka alat dapat menyiram secara otomatis. Sebaliknya jika nilai kelembaban >60% pompa otomatis mati dan tidak akan melakukan penyiraman. Berdasarkan hasil pembuatan serta pengujian keseluruhan sistem yang telah dilakukan, alat ini memiliki kestabilan dan kepekaan yang baik sehingga mampu untuk melakukan irigasi otomatis dan menyediakan asupan air secara tepat pada tanaman sawi pakcoy agar tumbuh secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSari, Elok Kurnia NovitaNIDN0008118604
Uncontrolled Keywords: Pembuatan Sistem Irigasi Aeroponik Otomatis Pada Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) Dengan Sistem Kontrol Arduino Uno. Ridha Ulfatul Aziza NIM B31210653, Tahun 2024, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Ibu Elok Kurnia Novita Sari, S. TP. MP selaku Dosen Pembimbing. Pertumbuhan teknologi saat ini sangat pesat terutama pada teknologi pertanian untuk meningkatkan berbagai bahan pangan sehingga dapat menghasilkan usaha tani yang lebih berkualitas. Budidaya sayuran juga tergolong langka di daerah perkotaan karena membutuhkan lahan yang luas serta perawatan yang harus diperhatikan setiap harinya. Hal ini menjadikan sebuah ide pembuatan teknik budidaya tanaman menggunakan media tanpa tanah atau yang biasa disebut dengan hidroponik. Akan tetapi masih banyak perawatan tanaman termasuk irigasi yang dilakukan secara manual dan terus menerus sehingga mengakibatkan boros akan listrik. Pada pembuatan Sistem Irigasi Aeroponik Otomatis Berbasis Mikrokontroler akan mengatasi masalah tersebut untuk membantu masyarakat dalam mengontrol kebutuhan air pada tanaman sawi pakcoy. Menggunakan metode eksperimental dengan membuat alat penyiraman otomatis menggunakan sensor kelembaban untuk memberikan asupan air yang cukup pada tanaman. Alat ini dapat membantu proses irigasi pada sistem aeroponik dengan acuan 60% nilai kelembaban media tanam. Apabila kondisi media tanam <60% maka alat dapat menyiram secara otomatis. Sebaliknya jika nilai kelembaban >60% pompa otomatis mati dan tidak akan melakukan penyiraman. Berdasarkan hasil pembuatan serta pengujian keseluruhan sistem yang telah dilakukan, alat ini memiliki kestabilan dan kepekaan yang baik sehingga mampu untuk melakukan irigasi otomatis dan menyediakan asupan air secara tepat pada tanaman sawi pakcoy agar tumbuh secara optimal.
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 454 - Teknik Elektronika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 455 - Teknik Kendali (atau Instrumentasi dan Kontrol)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 463 - Teknik Perangkat Lunak
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > Tugas Akhir
Depositing User: Ridha Ulfatul Aziza
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:53
Last Modified: 18 Jul 2024 06:53
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34469

Actions (login required)

View Item View Item