Perhitungan Biaya Konstruksi Pembangunan Greenhouse Tipe Flat Arch Sistem Irigasi Tetes (Drip Irrigation) Dengan Perlakuan Leaching Menggunakan Metode BOW Di CV. Langgeng Hidroponik Kediri

Fauziah, Ristyana Intan Nur (2024) Perhitungan Biaya Konstruksi Pembangunan Greenhouse Tipe Flat Arch Sistem Irigasi Tetes (Drip Irrigation) Dengan Perlakuan Leaching Menggunakan Metode BOW Di CV. Langgeng Hidroponik Kediri. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (201kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (188kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (279kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
FINALLY TUGAS AKHIR RISTYYYYY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

RINGKASAN PERHITUNGAN BIAYA KONSTRUKSI PEMBANGUNAN GREENHOUSE TIPE FLAT ARCH SISTEM IRIGASI TETES (Drip Irrigation) DENGAN PERLAKUAN LEACHING MENGGUNAKAN METODE BOW DI CV. LANGGENG HIDROPONIK KEDIRI, Ristyana Intan Nur Fauziah, Nim B31210443, Tahun 2024, 24 hlm, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Amal Bahariawan, S.TP,. M.Si (Dosen Pembimbing). Pertumbuhan populasi global dan perubahan iklim telah meningkatkan, kebutuhan akan solusi pertanian yang berkelanjutan dan efisien sangat dibutuhkan. Greenhouse atau rumah kaca bisa menjadi salah satu pendekatan yang populer dalam menjawab tantangan pertanian modern. Mereka memberikan lingkungan yang terkendali, memungkinkan produksi tanaman yang lebih tinggi dengan penggunaan air dan energi yang lebih efisien. Namun, biaya konstruksi dan operasional dari sebuah greenhouse merupakan faktor kunci yang mempengaruhi adopsi teknologi ini. Metode Burgerlijke Openbare Werken (BOW) adalah pendekatan yang umum digunakan dalam perhitungan biaya konstruksi. Ini melibatkan penaksiran semua material, tenaga kerja, dan biaya lainnya yang diperlukan untuk membangun sebuah proyek, memberikan gambaran yang jelas tentang anggaran yang diperlukan. Dalam konteks pembangunan greenhouse tipe flat arch dengan sistem irigasi tetes, metode BOW akan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang biaya yang terlibat. Ini mencakup biaya material seperti bahan bangunan, sistem irigasi, dan perlengkapan lainnya, serta biaya tenaga kerja untuk pembangunan struktur dan instalasi sistem irigasi. Dengan memahami biaya secara detail melalui metode BOW, pemangku kepentingan dapat membuat keputusan yang terinformasi tentang investasi dalam teknologi pertanian ini. Ini mencakup penaksiran biaya awal, proyeksi biaya operasional jangka panjang, dan analisis kelayakan ekonomi untuk memastikan keberlanjutan dan profitabilitas jangka panjang dari proyek pembangunan greenhouse. Pada kegiatan tugas akhir Ini mempunyai tujuan untuk mengetahui berapa biaya pembangunan greenhouse tipe flat arch sistem irigasi tetes (Drip Irrigation) seluas (8x20) meter² dengan perlakuan leaching menggunakan metode BOW di CV. Langgeng Hidroponik Kediri. Oleh karena itu, berdasarkan data dan informasi yang didapat mengenai hasil penganggaran pembangunan greenhouse tipe flat arch menggunakan sistem irigasi tetes dengan perlakuan leaching menggunakan metode BOW di CV. Langgeng Hidroponik Kediri, bisa disimpulkan bahwa total biaya yang dikeluarkan adalah Rp 35.648.860,00 atau Rp 198.047,00/meter².

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBahariawan, S.TP., M.Si, AmalNIDN11096802
Uncontrolled Keywords: Perhitungan Biaya Konstruksi, Pembangunan Greenhouse, Sistem Irigasi Tetes, Metode BOW, Leaching
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 560 - Ilmu Ekonomi > 561 - Ekonomi Pembangunan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > Tugas Akhir
Depositing User: Ristyana Intan Nur Fauziah
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:35
Last Modified: 18 Jul 2024 03:35
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34416

Actions (login required)

View Item View Item