Manajemen Rendemen Pasca Panen Full Wash Di PT Sinar Mayang Lestari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung

Tiara, Rike (2024) Manajemen Rendemen Pasca Panen Full Wash Di PT Sinar Mayang Lestari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (96kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (103kB)
[img] Text (Full Text)
D31212504_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (91kB)

Abstract

PT. Sinar Mayang Lestari atau Malabar Mountain Coffee adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang budidaya tanaman kopi, pengolahan biji kopi hingga pemasaran, dan membina kemampuan di bidang sumber daya manusia untuk mendukung proses produksi dari hulu hingga hilir. Komoditi yang dibudidayakan PT. Sinar Mayang Lestari yaitu kopi arabika. PT. Sinar Mayang Lestari menghasilkan produk olahan kopi yaitu kopi arabika green beans, roasted beans, bubuk kopi dan berbagai minuman siap saji berbahan dasar kopi. Pengolahan atau pasca panen kopi adalah tahap penting yang menentukan cita rasa dan kualitas akhir biji kopi, PT. Sinar Mayang Lestari melakukan 3 pengolahan utama yaitu fully wash process, natural process, dan honey process. Penanganan pasca panen yang dilakukan oleh PT Sinar Mayang Lestari meliputi pemanenan buah kopi, sortasi buah, pengupasan kulit buah, fermentasi, pencucian, penjemuran, pengupasan kulit tanduk, sortasi, standarisasi mutu, pengemasan dan penyimpanan. Penangan pasca panen kopi arabika di PT Sinar Mayang Lestari dibagi menjadi 2 proses penanganan, yakni metode basah (wet process) dan metode kering (dry process). Penanganan metode basah yang dilakukan oleh PT. Sinar Mayang Lestari, yakni Fully Washed Process. Proses full washed merupakan proses pengolahan kopi dengan cara fermentasi. Perlakuan yang diberikan pada proses ini lebih banyak dibandingkan proses natural dan honey. Waktu yang diperlukan pada proses full washed, yaitu 7 hari. Setiap proses full washed ini mengalami penyusutan sebesar 63%, sehingga 47,6 kg cherry menjadi 17,38 kg gabah kering dan penyusutan sebesar 57%, sehingga 17,38 gabah kering menjadi 7,45 biji kopi green bean.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHidayat, TaufikNIDN0002097407
Uncontrolled Keywords: Manajemen Rendemen Pasca Panen Full Wash Di PT Sinar Mayang Lestari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Rike Tiara
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:39
Last Modified: 18 Jul 2024 07:40
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34404

Actions (login required)

View Item View Item