Respon Pertumbuhan Dan Perkembangan Tanaman Bunga Krisan (Chrysanthemum indicum L) Pot Terhadap Komposisi Media Tanam Pada Sistem Hidroponik Substrat

Joang, Andien Dianita Nuriana (2023) Respon Pertumbuhan Dan Perkembangan Tanaman Bunga Krisan (Chrysanthemum indicum L) Pot Terhadap Komposisi Media Tanam Pada Sistem Hidroponik Substrat. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (103kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (44kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (176kB)
[img] Text (Laporan lengkap)
Laporan lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Krisan (Chrysanthemum sp.) merupakan tanaman hias yang memiliki potensial untuk di kembangkan dan banyak di minati oleh masyarakat. Krisan merupakan salah satu bunga tertua yang di budidayakan manusia, bunga krisan merupakan bunga yang mempunyai potensi bunga pot dan bunga potong. Krisan memiliki daya jual yang tinggi. Krisan bukan hanya menjadi bunga hias poton terdapat juga krisan pot, krisan pot memiliki daya simpan yang lebih lama dari pada krisan potong. Kelebihan dari krisan pot dapat di produksi setiap tahun dan umur kesegaran bunga potong lebih lama. Tanaman hias pot krisan terbagi menjadi dua jenis yaitu krisan standart dan krisan spray. Terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman yaitu faktor pertama internal merupakan faktor dari benih, bibit dan juga dari tanaman itu sendiri, faktor ke dua merupakan faktor yang terdapat dari luar benih, bibit atau tanaman seperti media tanam. Media tanam yang tepat termasuk salah satu syarat keberhasilan budidaya tanaman dalam wadah atau pot. Media tanam yang baik merupakan media yang mampu menyediakan air dan unsur hara dalam jumlah cukup. Media hidroponik yang harus di gunakan mampu menahan unsur hara yang akan di serap oleh tanaman. Pada penelitian ini media tanam yang akan di gunakan yaitu cocopeat dan arang sekam. Keunggulan pemanfaatan media tanam cocopet dan arang sekam sebagai media tanam yaitu memiliki struktur yang dapat menjaga keseimbangan aerasi. Memiliki sifat remah sehingga udara, air, dan akar mudah masuk ke dalam dan mampu memikat air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi media tanam terbaik untuk meningkatkan perumbuhan tanaman krisan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni – september 2023 di Teaching Factory Dataran Tinggi Politeknik Negeri Jember yang bertempat di Rembangan, Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Jember. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) Non faktorial yang terdiri dari 5 taraf perlakuan yaitu P0 (Humus, cocopeat, arang sekam) 1 : 1: 1, P1 (cocopeat), P2 (cocopeat : arang sekam), P3 (cocopeat : arang sekam) 1 : 1, P4 (arang sekam : cocopeat) 3 : 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSukri, M. ZayinNIDN0012016304
Uncontrolled Keywords: bunga krisan, hidropnik
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: Andien Dianita Nuriana Joang
Date Deposited: 18 Jul 2024 05:04
Last Modified: 18 Jul 2024 05:05
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34321

Actions (login required)

View Item View Item