Penambahan Media Cair VW yang Diperkaya BAP pada Hasil Subkultur Anggrek Vanda (Vanda tricolor L. var Suavis x Vanda rotchildiana)

Isnaini, Sidiq (2023) Penambahan Media Cair VW yang Diperkaya BAP pada Hasil Subkultur Anggrek Vanda (Vanda tricolor L. var Suavis x Vanda rotchildiana). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (284kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahulaun.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (176kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (297kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan trennya, produksi anggrek di Indonesia cenderung berfluktuasi. Rendahnya jumlah produksi mengakibatkan tidak tercapainya kebutuhan pasar sehingga diharuskan impor anggrek ke dalam negeri dalam jumlah yang besar. Nilai impor pada tahun 2022 mencapai US$ 371.75 ribu. Maka dari itu jumlah produksi amggrek di Indonesia perlu dilakukan peningkatan.Teknik kultur jaringan dilakukan untuk meningkatkan jumlah produksi anggrek dalam jumlah besar dengan kualitas yang seraggam. Penelitian ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui solusi permasalahan produksi anggrek. Menguji pengaruh BAP pada penambahan media cair dalam perkembangan dan pertumbuhan pada Anggrek Vanda untuk membantu peningkatan jumlah produksi yang kurang maksimal yang dihadapi saat ini. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli – September 2023. Di Laboratorium Kultur Jaringan Politeknik Negeri Jember. Rancangan percobaan yang digunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) nonfactorial menggunakan penambahan media VW cair yang diperkaya BAP sebanyak 5 ml yang teridir dari 3 perlakukan kosentrasi BAP. Perlakuan 1 (P1) dengan kosentrasi BAP 1 ppm, Perlakuan 2 (P2) dengan kosentrasi BAP 2 ppm dan Perlakuan 3 (P3) dengan kosentrasi BAP 3 ppm. Berdasarkan hasil penelitian penambahan media cair VW dengan diperkaya BAP menunjukkan pengaruh terhadap pertumbuhan anggrek Vanda. Perlakukan penambahan media cair yang diperkaya BAP dengan kosentrasi 1ppm (P1) menunjukkan hasil terbaik pada pertumbuhan dan perkembangan anggrek Vanda. Pada perlakuan P1 memberikan hasil terbaik jika dibandingakan dengan perlakuan P2 dan P3 dengan didapatkan rata-rata jumlah daun 6 helai, rata-rata tinggi tanaman 1,93 cm, berat basah tanaman dengan rata-rata 0,844 gr dan kandungan klorofil 0,156 mg/gr FW.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRohman, Hanif FaturNIDN0030119102
Uncontrolled Keywords: Anggrek Vanda, Media Cair, Sitokinin
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: Sidiq Isnaini
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:00
Last Modified: 19 Jul 2024 02:00
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34295

Actions (login required)

View Item View Item