Pengaruh Penambahan Pupuk Cair Dan Waktu Penyemprotan Terhadap Pertumbuhan Tanaman Tebu Varietas VMC 86-550 (Saccharum officinarum L.)

Azizah, Zulfa Faizatul (2024) Pengaruh Penambahan Pupuk Cair Dan Waktu Penyemprotan Terhadap Pertumbuhan Tanaman Tebu Varietas VMC 86-550 (Saccharum officinarum L.). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (118kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (120kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (128kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman tebu (Saccharum officinarum L.) merupakan salah satu komoditi perkebunan yang memiliki peranan cukup penting dalam membantu meningkatkan perokonomian di Indonesia karena kandungan gula yang tinggi pada batang tebunya yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan gula pasir. Produksi yang dihasilkan oleh tanaman tebu di Indonesia cenderung mengalami instabilitas. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan memperhatikan budidaya tanaman tebu seperti pemupukan. Pemupukan selain melalui tanah juga dapat dilakukan melalui daun dengan cara disemprotkan, hal ini untuk mengatasi supaya tanah tidak mengalami kerusakan apabila diberikan pupuk anorganik secara terus menerus melalui tanah. Pupuk daun yang digunakan adalah pupuk cair anorganik. Penggunaan pupuk cair bertujuan untuk melengkapi unsur hara makro dan mikro pada tanaman tebu sehingga dapat memaksimalkan produktivitas tanaman dengan baik. Kegiatan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penambahan pupuk cair dan waktu penyemprotan pada pertumbuhan tanaman tebu varietas VMC 86-550 (Saccharum officinarum L.). Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Agustus hingga November tahun 2023 menggunakan metode analisis data Rancangan Acak Kelompok 2 faktor serta uji lanjut DMRT (Duncan’s Multiple Range Test) taraf 5%. Faktor Pertama dengan perbedaan konsentrasi pupuk cair yaitu kontrol (A0), 2 ml/liter (A1), 4 ml/liter (A2), 6 ml/liter (A3). Sedangkan faktor kedua dengan waktu penyemprotan yaitu 25 HST (T1), 25 HST, 35 HST (T2), 25 HST, 35 HST, 45 HST (T3). Hasil dari penambahan pupuk cair dan waktu penyemprotan memberikan adanya pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman tebu varietas VMC 86-550 pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, diameter batang, berat basah dan kering akar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSupriyadi, SupriyadiNIDN0020055907
Uncontrolled Keywords: Pupuk Cair, Penyemprotan, Pertumbuhan
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Zulfa Faizatul Azizah
Date Deposited: 16 Jul 2024 09:23
Last Modified: 16 Jul 2024 09:24
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34253

Actions (login required)

View Item View Item