Analisis Rendemen Dan Mutu Biji Kopi Pengolahan Primer Metode Kering (Studi Kasus Usaha Tani Xi Dusun Selencak Sumberwringin Kabupaten Bondowoso)

Salis Ali, Muhyidin (2019) Analisis Rendemen Dan Mutu Biji Kopi Pengolahan Primer Metode Kering (Studi Kasus Usaha Tani Xi Dusun Selencak Sumberwringin Kabupaten Bondowoso). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (181kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (291kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B31161831 LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman kopi merupakan komoditas yang memiliki nilai ekonomi tinggi jika dibandingkan dengan tanaman perkebunan lainya di Indonesia. Di Indonesia sendiri, telah banyak dilakukan proses-proses pengolahan primer kopi hingga menjadi kopi beras, dan salah satunya adalah pengolahan metode kering. Pada pengolahan kering, tahapan-tahapan yang dilewati adalah: proses pengeringan, pengupasan kulit, dan proses sortasi. Saat ini, produksi kopi di Indonesia masih terhambat oleh rendahnya mutu biji kopi dan masih besarnya jumlah susut pada setiap proses pengolahan, hal itu juga yang membuat produktivitas kopi di Indonesia masih rendah. Petani juga belum terjamin kesejahteraannya karena nilai susut pada pengolahan kopi masih relatif besar sehingga biaya produksi dengan hasil akhir dari pengolahan tidak sebanding. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui rendemen pada tiap tahapan proses pengolahan primer kopi metode kering, dan untuk mengetahui kualitas mutu biji kopi yang dihasilkan. Pengamatan ini dilakukan di Usaha Tani XI, kabupaten Bondowoso pada bulan Mei-Juni 2019, sedangkan parameter yang diamati adalah bahan input dan output pada setiap tahapan proses serta besar setiap kehilangan massanya, sementara analisis mutu dilakukan berdasarkan nilai cacatnya. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, menunjukkan kehilangan massa paling besar ada pada proses pengeringan. Rendemen total dari pengolahan primer kopi metode kering ini adalah sebesar 14,56 %, sedangkan biji kopi beras yang dihasilkan masuk ke dalam mutu 3 berdasarkan nilai cacatnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDIswahyono, IswahyonoNIDN0010116405.
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 186 - Penyuluh Pertanian
Divisions: Perpustakaan > Tugas Akhir > Diploma
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:25
Last Modified: 16 Jul 2024 07:25
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34248

Actions (login required)

View Item View Item