Identifikasi Pertumbuhan Tanaman Tebu (Saccharum Officinarum L.) Varietas Cening Pada Letak Mata Yang Berbeda Di Lahan Politeknik Negeri Jember

Suprayitno, Hadi (2024) Identifikasi Pertumbuhan Tanaman Tebu (Saccharum Officinarum L.) Varietas Cening Pada Letak Mata Yang Berbeda Di Lahan Politeknik Negeri Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (48kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (150kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (79kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

“Identifikasi Pertumbuhan Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) Varietas Cening pada Letak Mata yang Berbeda di Lahan Politeknik Negeri Jember” Hady Suprayitno, NIM. A32211027, Tahun 2024, 98 Hal., Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Ir. Dian Hartatie, MP (Dosen Pembimbing) Tanaman tebu (Saccharum officinarum L.) merupakan salah satu bahan baku pembuatan gula, karena hampir seluruh bagian tanaman dapat diolah menjadi gula, dengan kadar gula bervariasi tergantung varietas, umur dan cara pengolahannya. Usaha untuk meningkatkan produksi tanaman tebu dipengaruhi oleh banyak faktor, yaitu dimulai dari teknik penyiapan bibit yang berkualitas, pemeliharaan hingga panen.Beberapa tahun terakhir industri gula mengalami penurunan produksi hingga mencapai titik nadir sebesar 1,48 juta ton pada tahun 1999. Sementara itu pada tahun 2002 produksi gula mencapai 1,76 juta ton, sedangkan konsumsi gula nasional mencapai 3,3 juta ton, sehingga mencapai defisit sebesar 1,54 juta ton. Penundaan tanam dan proses pengiriman bibit tebu merupakan salah satu permasalahan yang kerap terjadi dalam budidaya tebu. Daya kecambah bibit tergantung pada kadar air yang terdapat di sekitar mata buku ruas batang. Bahan tanam tebu dalam bentuk bagal panjang memiliki keunggulan dalam hal daya tahan bibit selama penyimpanan karena menyimpan air cukup banyak dibandingkan bibit mata tunas tunggal. Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pertumbuhan bibit tebu (Saccharum officinarum L.) Batang Atas, Batang Tengah, dan Batang Bawah asal bahan tanam cening. Pelaksanaan Tugas Akhir ini menggunakan perhitungan uji t- tes. Parameter meliputi Tinggi tanaman, Diameter batang, dan Jumlah anakan diambil pada umur 3 bulan setelah tanam. Diamati selama 4 bulan dari bulan Agustus sampai November, pengamatan ini dilakukan selama 4 minggu satu kali. Hasil tugas akhir menunjukkan bahwa pertumbuhan bibit menggunakan batang atas, batang tengah dan batang bawah asal bahan tanam cening, batang bawah diduga lebih baik dari pada batang atas dan batang tengah asal bahan tanam cening.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHartatie, DianNIDN0031106602
Uncontrolled Keywords: pertumbuhan tanaman tebu varietas cening pada letak mata berbeda
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 151 - Ilmu Tanah
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 156 - Pemuliaan Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Hady Suprayitno
Date Deposited: 16 Jul 2024 09:15
Last Modified: 16 Jul 2024 09:16
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34242

Actions (login required)

View Item View Item