Pengaruh Pelengkungan Cabang Serta Pemberian Etephon Pada Induksi Pembungaan Jeruk Siam (Citrus nobillis var microcarva L.)

Tito, Aprilananda (2024) Pengaruh Pelengkungan Cabang Serta Pemberian Etephon Pada Induksi Pembungaan Jeruk Siam (Citrus nobillis var microcarva L.). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan .pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (432kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN..pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (41kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka..pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (274kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap...pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu jenis buah yang digemari oleh masyarakat di Indonesia adalah buah jeruk, terutama jeruk siam (Citrus nobillis var microcarva L.). Hal ini dikarenakan rasa buahnya yang segar , dan meiliki harga yang terjangkau. Oleh karena itu sebanyak 80-85% dari potensi 25-40 ton/ha produksi jeruk di Indonesia didominasi oleh jeruk siam , yang produksinya hampir tersebar diselutuh wilayah di indonesia, termasuk Kabupaten Jember, Jawa Timur. Sifat musiman menyebabkan ketersediaan buah jeruk Siam melimpah pada musim panen dan tidak ada suplai saat tidak musimnya, sehingga kesinambungan pemasaran menjadi terganggu. Pengembangan teknologi produksi di luar musim penting karena di Indonesia sebagian besar buah di panen secara musiman, musim panen umumnya sangat singkat hanya sekitar 2-3 bulan dan pada saat tersebut harga jual murah. Penelitian ini bertujuan agar tanaman jeruk siam yang pada umumnya berbuah satu sampai dua kali dalam satu tahun dapat berbuah sepanjang tahun. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus sampai November di Kebun Inovasi Politeknik Negeri Jember. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara Pelengkungan dan pemberian Etephon pada tanaman jeruk siam, kemudian dilakukan dengan menggunakan diagram perbandingan. Data Pengamatan diolah dengan menggunkan standart eror rerata (Standart Eror Rerata/SEM) Setiap perlakuan. Dari hasil perbandingan menggunakan (Standart Eror Rerata/SEM) menunjukkan hasil perlakuan pelengkungan dan etephon dengan rata rata tertinggi pada parameter , jumlah bunga baru, jumlah bunga menjadi buah, jumlah tunas , tinggi tunas, jumlah daun pertunas dan kehijauan daun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSiswadi, EdiNIDN0024086302
Uncontrolled Keywords: Pelengkungan Cabang Serta Pemberian Etephon
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > PKL
Depositing User: Aprilananda Tito
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:39
Last Modified: 22 Jul 2024 01:39
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34101

Actions (login required)

View Item View Item