Teknik Pengendalian Hama Ulat Grayak (Spodoptera litura fabricius) Pada Budidaya Kedelai Varietas Derap 1 di IP2SIP Genteng Banyuwangi

Rudi, Mas (2024) Teknik Pengendalian Hama Ulat Grayak (Spodoptera litura fabricius) Pada Budidaya Kedelai Varietas Derap 1 di IP2SIP Genteng Banyuwangi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (121kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) yaitu penyelenggaraan kegiatan pendidikan atau pelatihan di perusahaan, industri, dan unit bisnis lainnya yang diimplementasikan secara sistematis dengan cara mengsinkronisasikan antara program pendidikan di kampus dengan tempat Praktik Kerja Lapang (PKL) sehingga diharapkan dapat menjadi sarana pengembangan kemampuan dan keterampilan di dunia kerja, serta mahasiswa akan memperoleh keterampilan yang tidak hanya bersifat kognitif dan efektif, namun juga psikomotorik yang meliputi keterampilan fisik, intelektual, sosial, dan manajerial pada diri mahasiswa. Praktik Kerja Lapang (PKL) dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pengalaman pada mahasiswa dengan cara bekerja secara langsung, sistematik, dan terarah dengan supervisi yang kompeten. Selain itu, diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengembangkan keterampilan dan keahlian pada diri mahasiswa. Sedangkan untuk tujuan khususnya didapatkan bahwa nantinya mahasiswa terampil dan mendapatkan pengalaman terkait teknis budidaya kedelai, terampil dalam melakukan penerapan pengendalian hama serta penyakit khususnya pengendalian hama ulat grayak pada tanaman kedelai. Praktik Kerja Lapang (PKL) tersebut dilakukan di IP2SIP Genteng Banyuwangi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang budidaya aneka kacang dan umbi. Pelaksanaan Praktik Kerja Lapang (PKL) dimulai pada 01 Maret 2024 sampai dengan 30 Juni 2024. Metode yang digunakan dalam kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) ini meliputi praktek lapang, wawancara, tanya jawab dan studi pustaka. Kegiatan yang dilakukan di IP2SIP meliputi survey lahan, pengolahan tanah, pemupukan dasar, penanaman, pemupukan susulan, pengendalian hama dan penyakit, penyiangan, panen, sortasi dan uji daya tumbuh. Berdasarkan kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan produksi kedelai salah satunya yaitu diperlukan adanya perawatan tanaman kedelai. Pada saat budidaya kedelai terdapat beberapa kendala yang mempengaruhi penurunan hasil produksi kedelai salah satunya dikarenakan pada saat budidaya tanaman kedelai terserang hama ulat grayak. Serangan ulat grayak menyebabkan kerusakan dibagian daun berlubang. Ulat grayak memakan bagian tepi daun hingga hanya menyisakan tulang daun dan juga menyebabkan daun berlubang-lubang dan pada akhirnya menurunkan hasil panen. Dalam kegiatan ini melakukan pendekatan khusus meliputi monitoring ulat grayak menentukan kriteria kerusakan berdasarkan populasi hama, menentukan teknik pengendalian berupa jenis insektisida dan konsentrasi yang digunakan, pengaplikasian, selanjutnya melakukan secara terjadwal berdasarkan SOP.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidodo, Tirto WahyuNIDN0017129203
Uncontrolled Keywords: Keywords: Insecticides, Spodoptera litura fabricius, Soybeans
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: MAS RUDI
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:28
Last Modified: 15 Jul 2024 01:29
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34056

Actions (login required)

View Item View Item