Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Pada Materi Optik Geometri Berbasis Augmented Reality

Hasanah, Nur (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Pada Materi Optik Geometri Berbasis Augmented Reality. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Laporan Lengkap-8.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan..pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu cara dalam meningkatkan dan mendorong kualitas pendidikan bidang sains atau IPA di Indonesia adalah dengan cara pembelajaran yang kreatif dan inovatif saat di kelas, saat ini pembelajaran khususnya mata pelajaran fisika pada materi optik geometri, materi atau modul ajar yang digunakan oleh guru masih berupa buku, gambar 2 dimensi ataupun video pembelajaran.Untuk mengatasi hal tersebut, dikembangkan sebuah aplikasi media pembelajaran menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang bisa menolong siswa untuk menanggulangi kesusahan tersebut serta menguasai materi optik geometri secara lebih baik. Melalui model 3D dan penggunaan 2 marker yang bersifat interaktif. Penelitian ini dilakukan selama 11 bulan di SMA Negeri 2 Jember dan Politeknik Negeri Jember dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang melibatkan wawancara dengan guru fisika sebagai narasumber dan validator. Hasil pengujian aplikasi dengan User Acceptance testing (UAT) diperoleh 81,4% yang berarti aplikasi sesuai. Diharapkan dengan dikembangkannya media pembelajaran dengan AR dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa dan proses belajar mengajar terlaksana dengan baik. Keberhasilan aplikasi dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti intensitas cahaya 80-115 lux, latar belakang polos, jarak 10-50 cm, dan sudut kamera 45° untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membaca marker dan menampilkan objek 3D.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorArifianto, Aji SetoNIDN0028118502
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, optik geometri, augmented reality, interaksi marker
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 457 - Teknik Komputer
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 463 - Teknik Perangkat Lunak
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Nur Hasanah
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:19
Last Modified: 12 Jul 2024 03:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33956

Actions (login required)

View Item View Item