Ayuningtias, Indah (2024) Augmented Reality untuk Modul Pembelajaran IPA pada Materi Fisika Momentum dan Energi Potensial. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (8kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (81kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (79kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Momentum dan energi potensial adalah dua konsep penting dalam fisika yang memiliki berbagai jenis, karakteristik, proses perubahan, dan peranan yang berbeda-beda. Konsep-konsep ini merupakan salah satu materi yang ada pada mata pelajaran Fisika kelas XI SMA. Saat ini, pembelajaran tentang momentum dan energi potensial masih dilakukan secara konvensional melalui penjelasan lisan, buku teks, dan video YouTube, yang memiliki keterbatasan dalam memberikan pemahaman mendalam terhadap materi. Untuk mengatasi keterbatasan ini, dikembangkan sebuah aplikasi pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) yang dapat membantu siswa memahami konsep momentum dan energi potensial melalui model 3D dan penggunaan dua marker interaktif. Penelitian ini berlangsung selama 11 bulan di SMA Negeri 2 Jember dan Politeknik Negeri Jember, menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang melibatkan wawancara dengan guru fisika sebagai sumber informasi dan validator. Dari hasil penelitian, terlihat bahwa pemanfaatan AR sebagai alternatif media pembelajaran berhasil meningkatkan kemampuan kognitif siswa sebesar 20,06%. Selain itu, pengujian User Acceptance Test (UAT) menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 80,92%. Keberhasilan aplikasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti intensitas cahaya optimal antara 80 hingga 100 lux, latar belakang yang sederhana, jarak antara pengguna dengan marker 10 hingga 50 cm, dan sudut kamera sekitar 45° agar objek 3D dapat ditampilkan dengan jelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran fisika, momentum dan energi potensial, augmented reality, interaksi marker. | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 459 - Ilmu Komputer 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 463 - Teknik Perangkat Lunak |
||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Indah Ayuningtias | ||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2024 03:17 | ||||||
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:18 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33954 |
Actions (login required)
View Item |