Pengaruh Pemberian Zat Pengatur Tumbuh (Zpt) Atonik Terhadap Persentase Hidup Stek Kopi Robusta (Coffea Canephora Var. Robusta) Klon Bp 409

Risky Kholifatur, Yogi Junious (2024) Pengaruh Pemberian Zat Pengatur Tumbuh (Zpt) Atonik Terhadap Persentase Hidup Stek Kopi Robusta (Coffea Canephora Var. Robusta) Klon Bp 409. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (15kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (333kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh Pemberian Zat Pengatur Tumbuh (Zpt) Atonik Terhadap Persentase Hidup Stek Kopi Robusta (Coffea Canephora Var. Robusta) Klon Bp 409. Yogi Junious Kholifatur Risky, NIM. A32211776, Tahun 2024, halaman, Produksi Tanaman Perkebunan, Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Ir. Usken Fisdiana, M.ST. (Dosen Pembimbing). Ada dua cara perkembangbiakan tanaman kopi: generatif dan vegetatif. Benih digunakan dalam perbanyakan generatif, sedangkan bagian tanaman seperti batang, daun, akar, ranting, atau cabang digunakan dalam perbanyakan vegetatif. Teknik reproduksi vegetatif seperti okulasi dan stek disarankan untuk kopi Robusta. Diharapkan dengan menggunakan metode stek akan dihasilkan tanaman baru yang sesuai dengan kualitas unggul induknya. Penjaminan pasokan bahan tanam yang tepat waktu, cukup, dan berkualitas tinggi sangatlah penting untuk mencegah permasalahan budidaya tanaman kopi guna mendorong keberhasilan pertumbuhan industri perkebunan, khususnya di sektor kopi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menemukan ZPT yang memiliki dampak paling positif dalam mempercepat pertumbuhan stek kopi Robusta (Coffea canephora) varietas BP 409. Kegiatan ini dilaksanakan di lahan Perkebunan Politaknik Negeri Jember, pada bulan Agustus sampai november 2023. Metode analisa yang digunakan pada kegiatan ini yaitu Rancanagan Ancak Lengkap (RAL). RAL digunakan pada pertumbuhan presentase hidup, jumlah stek yang bertunas, tinggi tunas, dan jumlah daun. Menggunakan 4 perlakuan dan 4 pengulangan yaitu A1 = tanpa perlakuan atau kontrol, A2 = Pemberian ZPT Atonik 2,5 ml/1000 ml air, A3 = Pemberian ZPT Atonik 5 ml /1000 ml air, A4 = Pemberian ZPT Atonik 7,5 ml / 1000 ml air. Hasil dari analisis menggunakan RAL diperoleh bahwa penggunaan ZPT atonik terhadap persentase hidup stek Kopi Robusta Klon BP 409 tidak berbeda nyata pada parameter presentase hidup, persentase stek yang bertunas, tinggi tunas, dan jumlah daun. Sehingga hipotesis H0 diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFisdiana, UskenNIDN196010211988112001
Uncontrolled Keywords: Perbanyakan tentang Kopi Robusta dengan cara stek
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 156 - Pemuliaan Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Yogi Junious Kholifatur Risky
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:16
Last Modified: 12 Jul 2024 03:16
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33952

Actions (login required)

View Item View Item