Manajemen Pembuatan Sammin (Asam Amino) Di P4S Bintang Tani Sejahtera Desa Karangmelok Kecamatan Tamanan

Nafiyah, Rohmatun Ainun (2024) Manajemen Pembuatan Sammin (Asam Amino) Di P4S Bintang Tani Sejahtera Desa Karangmelok Kecamatan Tamanan. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (76kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (53kB)
[img] Text (Full Text)
D31211968_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)

Abstract

Pemilihan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Bintang Tani Sejahtera sebagai tempat magang adalah karena keterkaitan materi kuliah dengan kegiatan produksi saprodi pertanian. Sehingga P4S cocok sebagai tempat belajar/mencari pengalaman dibidang produksi saprodi pertanian secara organik. Tingkat kesuburan tanah semakin menurun karena penggunaan pupuk kimia yang relatif lama menjadi suatu masalah, hal ini dapat diperbaiki dengan pertanian organik. Pupuk organik adalah hasil dekomposisi bahan-bahan organik yang terbagi menjadi 2 jenis yaitu pupuk organik padat dan cair. Salah satu bahan baku hewani yang berpotensi digunakan sebagai pupuk organik cair yaitu ikan lemuru. Kandungan protein ikan lemuru membuatnya dapat menjadi bahan baku pembuatan asam amino yang berfungsi sebagai nutrisi tanaman agar berkualitas dan hasil panen tinggi. Salah satu produk di P4S yaitu asam amino ikan lemuru dengan kandungan protein. Asam amino ini dapat menjadi alternatif pemakaian pupuk kimia yang berlebih dan mengatasi pencemaran dari limbah pestisida. Proses pembuatan Sammin (Asam Amino) dilakukan mulai dari persiapan alat dan bahan hingga proses fermentasi dengan hasil analisis usaha yaitu BEP (Produksi) senilai 10,71 botol dengan total produksi 13 botol, BEP (Harga) senilai Rp 28.844,67/botol dari harga penjualan Rp 35.000,00/botol, R/C Ratio senilai Rp 1,21, ROI senilai 2,59 %, dan laba bersih sebesar Rp 80.019,25. Sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha ini menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Pemasaran Sammin (Asam Amino) menggunakan konsep 4P (marketing mix) seperti product, price, place, dan promotion. Produk ini dijual dengan harga Rp 35.000/botol dan di produksi langsung di P4S. Promosi yang dilakukan melalui personal selling pada saat acara tertentu atau melakukan pembelian secara langsung ke P4S dan memesan melalui WhatsApp.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHudori, Huda AhmadNIDN0015059008
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembuatan Sammin (Asam Amino) Di P4S Bintang Tani Sejahtera Desa Karangmelok Kecamatan Tamanan
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Rohmatun Ainun Nafiyah
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:23
Last Modified: 11 Jul 2024 03:25
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33918

Actions (login required)

View Item View Item