Persiapan Kegiatan Pembibitan Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L) Pada Demplot Di PT. Perkebunan 1 Regional 5 Kebun Sumberjambe Banyuwangi

Liyawati, Dwi Evi (2024) Persiapan Kegiatan Pembibitan Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L) Pada Demplot Di PT. Perkebunan 1 Regional 5 Kebun Sumberjambe Banyuwangi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN Magang.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (492kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Laporan Magang.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (465kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA MAGANG.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (440kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Magang Keseluruhan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Magang merupakan kegiatan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan khusus dunia industri sesuai bidang keahliannya. Mahasiswa melakukan kegiatan magang untuk mengetahui serangkaian kegiatan budidaya tanaman tebu. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan sesuai dengan jadwal kegiatan yang telah ditentukan oleh pembimbing lapang. Rangkaian kegiatan pelaksanaan magang ini meliputi kegiatan pembibitan, pengolahan lahan, penanaman dan panen sehingga mahasiswa mendapatkan ilmu tentang budidaya tanaman tebu sesuai dengan baku teknik Perkebunan Nusantara 1 Regional 5. Magang yang dilakukan bertujuan untuk dapat melaksanakan budidaya tebu dengan baik, dapat mengetahui dan memahami persiapan pembibitan tanaman tebu menggunakan bahan tanam bagal pada areal demplot di PT Perkebunan Nusantara 1 Regional 5 Kebun Sumberjambe. Pembibitan tanaman tebu merupakan faktor penentu produksi gula apabila kualitas bibit tebu baik maka akan menentukan keberhasilan budidaya tebu dan menghasilkan rendemen tinggi sehingga produksi gula tinggi. Kegiatan di PT Perkebunan Nusantara 1 Regional 5 Kebun Sumberjambe, memberikan pengalaman kerja dan memahami kondisi pekerjaan yang nyata di lapangan. Di tempat magang dapat melatih keterampilan dan pengetahuannya untuk menambah kepercayaan dan kematangan dirinya. Selain itu, dapat melatih berfikir kritis dan menggunakan daya nalarnya dengan cara memberi komentar logis terhadap kegiatan yang dikerjakan dalam bentuk laporan kegiatan khususnya pada pembibitan tanaman tebu. Manfaat yang didapatkan dari pelaksanaan magang yaitu kepercayaan dan kematangan setiap individu semakin meningkat, mendapatkan informasi atau gambaran perkembangan IPTEKS yang diterapkan di PT. Perkebunan Nusantara 1 Regional 5. Selain itu, PT. Perkebunan Nusantara 1 Regional 5 Kebun Sumberjambe mendapatkan alternatif solusi-solusi dari beberapa permasalahan lapangan terutama pada kegiatan pembibitan tanaman tebu. Dan juga rekomendasi saat melakukan persiapan pembibitan yaitu saat pembukaan lahan areal pembibitan dilakukan secara mekanisasi karena jika dikerjakan dengan cara manual sangat membutuhkan waktu yang cukup lama dan membutuhkan biaya yang lebih besar, begitu juga pembuatan juringan juga sama secara mekanisasi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorErawati, Dyah NuningNIDN0002056903
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 151 - Ilmu Tanah
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 156 - Pemuliaan Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Dwi Evi Liyawati
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:01
Last Modified: 11 Jul 2024 07:01
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33844

Actions (login required)

View Item View Item