Manajemen Sortasi Dan Grading Pada Buah Stroberi Dalam Penanganan Pascapanen Di Agrowisata Lumbung Stroberi Kota Batu

Wati, Fani Mutiarawati (2024) Manajemen Sortasi Dan Grading Pada Buah Stroberi Dalam Penanganan Pascapanen Di Agrowisata Lumbung Stroberi Kota Batu. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (200kB)
[img] Text (Full Text)
D31211854_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (85kB)

Abstract

Desa Wisata Pandanrejo yang terletak di Kota Batu memiliki keunikan dan keunggulan yang terletak pada potensi buah stroberi. Buah stroberi di Desa Pandanrejo sudah menjadi ciri khas yang dikelola lebih lanjut hingga menjadi produk unggulan berupa destinasi petik stroberi bagi wisatawan saat mengunjungi Desa Pandanrejo. Kebun stroberi yang digunakan untuk petik adalah lahan kas Desa atau tanah bengkok. Desa wisata Pandanrejo juga memanfaatkan kebun petani stroberi di Dusun Pandan dengan total lahan 2,3 hektar yang belum termasuk lahan stroberi warga. Dalam hal pengelolaan dan manajemen lahan dilakukan oleh BUMDES RAHARJO. Lumbung Stroberi yang berdiri pada tahun 2018 merupakan hasil dari ide para pemuda disana. Pemilihan nama lumbung stroberi itu sejalan dengan kondisi Desa Wisata Pandanrejo. Dimana mayoritas masyarakatnya merupakan petani stroberi, terbanyak ada di Dusun Pandan. Bahkan saat musim panen tiba, stroberi sangat melimpah. Lumbung Stroberi merupakan destinasi wisata yang juga dikelola oleh BUMDES RAHARJO yang juga menjadi lokasi magang bagi mahasiswa Manajemen Agribisnis yang dilaksanakan dari bulan Maret hingga bulan Juni, dengan tujuan magang berupa dapat terjun langsung ke dunia kerja dan dapat mengetahui bagaimana sistem kerja di Lumbung Stroberi. Kegiatan pascapanen dilakukan pada setiap komoditi dengan tujuan untuk memperpanjang umur simpan dan menjadikannya sebuah produk olahan. Hal tersebut juga dilakukan terhadap buah stroberi yang telah dipanen oleh petani yang bermitra dengan Lumbung Stroberi. Kegiatan pascapanen yang dilakukan adalah dengan melakukan sortasi dan grading pada buah stroberi, sortasi berfungsi untuk memilah dan memisahkan buah stroberi yang berkualitas baik dengan buah stroberi yang berkualitas buruk. Contoh buah stroberi dengan kualitas buruk adalah buah stroberi yang busuk dan tidak memiliki kelopak bunga. Setelah melewati proses sortasi, selanjutnya buah stroberi akan di grading berdasarkan kualitasnya, dalam proses ini akan ada 3 macam kelas yaitu grade A, B, dan C. Dalam menentukan grade buah stroberi ditentukan pada ukuran buah, warna buah, dan bentuk buah. Kegiatan pascapanen lainnya berupa pengemasan menjadi stroberi box, pembuatan stroberi frozen, dan jus stroberi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPutra, Mohammad Edwinsyah YanuanNIDN0025088805
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sortasi Dan Grading Pada Buah Stroberi Dalam Penanganan Pascapanen Di Agrowisata Lumbung Stroberi Kota Batu
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Fani Mutiara Wati
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:07
Last Modified: 10 Jul 2024 04:08
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33830

Actions (login required)

View Item View Item