Analisis Faktor Risiko Penyakit Diabetes Mellitus Tipe 2 berdasarkan Rekam Medis Rawat Inap di Rumah Sakit Citra Husada Jember

Wardani, Indah Feby Kusuma (2024) Analisis Faktor Risiko Penyakit Diabetes Mellitus Tipe 2 berdasarkan Rekam Medis Rawat Inap di Rumah Sakit Citra Husada Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (31kB)
[img] Text (Bab 1 Ppendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (30kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (158kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
laporan lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

DM Tipe 2 merupakan suatu kondisi dimana tubuh tidak menggunakan insulin secara efektif (resistensi insulin) untuk memenuhi kebutuhan tubuh. DM tipe 2 ering kali berhubungan dengan faktor risiko seperti obesitas, jenis kelamin, hipertensi, dan kurangnya aktivitas fisik. Identifikasi faktor risiko yang berkontribusi terhadap DM tipe 2 penting untuk pengembangan strategi pencegahan dan pengelolaan penyakit ini karena merupakan salah satu penyakit yang memiliki angka kasus tinggi di Jatim yaitu sebanyak 863.686. Jumlah pasien rawat inap dengan kasus DM Tipe 2 di RS Citra Husada meningkat setiap tahun hingga tahun 2023 tercatat sebanyak 734 pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan faktor risiko DM tipe 2 jenis kelamin, riwayat obesitas, dan riwayat hipertensi terhadap kejadian DM Tipe 2 berdasarkan data rekam medis pasien rawat inap di RS Citra Husada tahun 2023. Jenis penelitian ini merupakan observasional analitik dengan pendekatan case control yang menggunakan data sekunder. Sampel penelitian terdiri dari 133 sampel kasus dan 133 sampel kontrol menggunakan simple random sampling. Analisis data univariat menggunakan analisis deskriptif serta bivariat dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berhubungan dengan DM Tipe 2 yaitu riwayat obesitas (p= 0,000) dengan risiko 3,297 kali terkena DM Tipe 2 dan riwayat hipertensi (p= 0,020) dengan risiko 1,836 kali terkena DM Tipe 2 serta variabel yang tidak berhubungan yaitu Jenis Kelamin (p= 0,376). Disarankan kepada masyarakat yang mengalami riwayat obesitas dan riwayat hipertensi agar rutin melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala sebab tekanan darah dan lemak dalam darah dapat mempengaruhi kadar glukosa darah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorrachmawati, ErvinaNIDN0630058902
Uncontrolled Keywords: dm tipe 2, diabetes, faktor risiko
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 355 - Epidemiologi
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 357 - Promosi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir
Depositing User: Indah feby kusuma w
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:12
Last Modified: 11 Jul 2024 02:13
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33730

Actions (login required)

View Item View Item