Pengaruh Cliping Menyisakan Satu Ruas dan Dua Ruas Terhadap Pertumbuhan Cabang Kopi Robusta (Coffea canephora L.) Klon BP308

Ramadhani, Aditya Dwi (2023) Pengaruh Cliping Menyisakan Satu Ruas dan Dua Ruas Terhadap Pertumbuhan Cabang Kopi Robusta (Coffea canephora L.) Klon BP308. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
A32211800 Aditya Dwi Ramadhani - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (16kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
A32211800 Aditya Dwi Ramadhani - Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (27kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
A32211800 Aditya Dwi Ramadhani - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (144kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh Cliping Menyisakan Satu Ruas dan Dua Ruas Terhadap Pertumbuhan Cabang Kopi Robusta (Coffea canephora L.) Klon BP308, Aditya Dwi Ramadhani, NIM. A32211800, Tahun 2023, 64 hlm, Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember. Indonesia merupakan salah negara pengekspor komoditas kopi terbesar. Pengembangan kopi secara nasional berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Varietas tanaman kopi secara umum yang banyak dibudidayakan antara lain kopi robusta dan kopi arabika. Kopi robusta (Coffea canephora L.) merupakan jenis kopi yang paling banyak dikembangkan oleh petani di Indonesia. Klon BP308 merupakan klon temuan oleh pusat peneltian kopi dan kakao yang termasuk dalam klon kopi robusta yang memiliki perawakan besar dan kokoh. Salah satu kegiatan pemeliharaan tanaman kopi yang perlu dilakukan adalah pemangkasan agar produktivitas tanaman kopi dapat optimal dengan membuang cabang tua yang kurang produktif dan digantikan dengan cabang muda yang lebih produktif. Pemangkasan bentuk yaitu perlakuan cliping terutama untuk tanaman yang sulit menumbuhkan cabang reproduktif bertujuan untuk membentuk kerangka tanaman kopi agar tanaman kuat dan tanaman seimbang dalam membentuk cabang plagiotrop, baik cabang primer maupun cabang sekunder. Cliping merupakan kegiatan penyunatan yang dilakukan pada awal musim hujan agar tidak merangsang pembentukan bunga pada cabang yang disunat. Tugas akhir ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan November 2023 yang bertempat di kebun koleksi tanaman kopi robusta klon BP308 Politeknik Negeri Jember yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh cliping atau penyuntan yang menyisakan 1 ruas dan 2 ruas terhadap pertumbuhan cabang kopi robusta klon BP308. Kegiatan ini menggunakan perhitungan Uji-T dengan perbandingan penyunatan atau cliping yang menyisakan 1 ruas dan 2 ruas. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan tidak ada pengaruh nyata pada parameter panjang tunas. Namun, memberikan pengaruh nyata pada paramater jumlah pasang daun dan diemeter tunas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHartatie, DianNIDN0031106602
Uncontrolled Keywords: Rejuvinasi, klon, penyunatan, pertumbuhan cabang
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 151 - Ilmu Tanah
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Aditya Dwi Ramadhani
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:37
Last Modified: 08 Jul 2024 06:38
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33696

Actions (login required)

View Item View Item