Pengaruh Pemberian Pupuk Kotoran Ayam dan Bakteri Rhizobium spp Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kacang Tunggak (Vigna unguiculata L.Walp)

Wardani, Faradina Fitria (2024) Pengaruh Pemberian Pupuk Kotoran Ayam dan Bakteri Rhizobium spp Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kacang Tunggak (Vigna unguiculata L.Walp). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (105kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (131kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (187kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kacang tunggak memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia. Peningkatan produksi kacang tunggak dapat dilakukan dengan penggunaan pupuk kotoran ayam dan bakteri rhizobium spp. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak aplikasi pupuk kotoran ayam dan bakteri rhizobium spp terhadap pertambahan dan produksi tanaman kacang tunggak. Penelitian ini dilakukan saat bulan September-Desember 2023. Penelitian ini dirancang dengan Rancangan Acak Kelompok Faktorial (RAKF) yang terdiri atas 2 faktor dan 3 ulangan. Perlakuan pupuk kotoran ayam terdiri atas 3 taraf yaitu 1,6 kg/plot, 2 kg/plot, 2,4 kg/plot, sedangkan perlakuan isolat rhizobium spp berasal dari zona perakaran kedelai, edamame, dan kacang tanah dengan jumlah koloni yang sama yaitu 1 x 10⁷ cfu/ml. Hasil riset membuktikan bahwa perlakuan pupuk kotoran ayam dengan dosis 2,4 kg/plot memberikan pengaruh signifikan terhadap berat brangkasan (132,44 g), jumlah polong per sampel (28,00 polong), berat kering per plot (753,55 g), berat biji kering per sampel (54,44 g). Hal ini dikarenakan pupuk kotoran ayam mengandung C-organik tinggi sehingga mampu meningkatkan jerapan unsur hara pada zona perakaran tanaman. Unsur hara ini nantinya diserap oleh tanaman untuk melakukan proses metabolisme terutama proses fotosintesis. Selain itu, aplikasi rhizobium spp yang berasal dari zona perakaran tanaman kedelai menunjukkan pengaruh siginifikan pada berat segar polong per sampel (106,27 g) dibandingkan perlakuan lainnya. Hal diduga rhizobium spp zona perakaran kedelai lebih mudah beradaptasi pada zona perakaran tanaman kacang tunggak sehingga mampu memicu pertumbuhan kacang tunggak melalui fiksasi nitrogen secara biologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWardana, RudiNIDN0019028907
Uncontrolled Keywords: Organic Fertilizer, Rhizobacteria, Rhizosfer
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Faradina Fitria Wardani
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:36
Last Modified: 08 Jul 2024 03:37
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33658

Actions (login required)

View Item View Item