Evaluasi Efektivitas Metaverse Game Untuk Keterampilan Sosial Anak Autis

wafi, Nurillahil (2024) Evaluasi Efektivitas Metaverse Game Untuk Keterampilan Sosial Anak Autis. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (198kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (131kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (113kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan metaverse game dalam meningkatkan keterampilan sosial anak autis. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan tahun 2021, jumlah anak autis di Indonesia terus meningkat, mencapai sekitar 2,4 juta anak dengan peningkatan 500 anak setiap tahunnya. Tantangan utama adalah memberikan pendidikan yang layak bagi anak anak ini, di mana hampir 80% dari mereka belum mendapatkannya. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa YPAC Jember sebagai bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) kategori Riset Eksakta (RE) tahun 2023. Metode yang digunakan adalah User Experience Questionnaire (UEQ) untuk mengukur pengalaman pengguna secara cepat dan langsung. Identifikasi user melibatkan guru sebagai pengguna langsung serta pendamping yang memahami karakteristik anak autis. Alat dan bahan yang digunakan meliputi laptop, internet, VR for smartphone, dan joystick. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metaverse game memiliki potensi sebagai alat intervensi yang efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial anak autis. Evaluasi menggunakan UEQ Data Analysis Tools menunjukkan bahwa game tersebut memiliki tingkat usability yang positif. Penggunaan teknologi VR menciptakan lingkungan belajar yang imersif dan menyenangkan bagi anak autis, membantu mereka dalam mengembangkan keterampilan sosial. Meskipun demikian, masih diperlukan pengembangan lebih lanjut untuk memastikan alat ini aman, mudah disesuaikan, dan fleksibel bagi anak autis. Penelitian ini memberikan panduan bagi praktisi dan terapis dalam mengembangkan program intervensi yang lebih efektif menggunakan metaverse game, serta memberikan wawasan kepada orang tua, pendidik, dan masyarakat umum mengenai peran teknologi dalam membantu anak autis. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat mendorong penelitian lebih lanjut dalam pengembangan metode intervensi yang inovatif dan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup anak autis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAgustianto, KhafidurrohmanNIDN0011129102
Uncontrolled Keywords: Permainan Metaverse, Keterampilan Sosial, Anak Autis
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 390 - Ilmu Psikologi > 392 - Psikologi Anak
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 457 - Teknik Komputer
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 353 - Kebijakan Kesehatan (dan Analis Kesehatan)
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Nurillahilwafi Nurillahilwafi
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:32
Last Modified: 08 Jul 2024 03:33
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33652

Actions (login required)

View Item View Item