Pengaruh Penambahan Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Bibit Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) Varietas HW Merah

Dwiyanti, Elisa Feby (2023) Pengaruh Penambahan Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Bibit Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) Varietas HW Merah. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (154kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (144kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (171kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman tebu (Saccharum officinarum L.) merupakan salah satu komoditas penting yang bernilai ekonomis karena dapat diolah dan menghasilkan gula sebagai bahan pokok penduduk Indonesia. Gula merupakan kebutuhan pokok penduduk Indonesia, maka dari itu perlu adanya budidaya tanaman tebu untuk menunjang kebutuhan gula penduduk Indonesia. Tanaman tebu dapat dibudidayakan pada lahan sawah maupun tegalan dengan ditambahkannya pupuk yang tepat untuk penunjang pertumbuhan tanaman tebu menjadi lebih optimal. Pupuk anorganik seringkali digunakan namun dapat merusak struktur dan kualitas tanah yang dapat menyebabkan turunnya hasil produksi tebu. Hal ini dikarenakan pupuk anorganik mengandung bahan kimia yang dapat merusak struktur tanah dan kualitas tanah, maka dari itu perlu adanya penggunaan pupuk organik dalam budidaya tanaman tebu sehingga mampu menjaga struktur dan kualitas tanah. Pupuk organik cair dapat digunakan karena dapat menekan pemakaian pupuk anorganik dan memperbaiki struktur serta pH tanah. Selain itu, pemilihan varietas juga sangat penting dalam upaya meningkatkankan produksi tebu. Varietas yang dapat dipilih ialah HW Merah karena varietas ini dapat di budidayakan di lahan sawah maupun lahan tegalan dan varietas HW Merah juga tahan terhadap serangan hama penyakit yang dapat mengurangi produksi tebu. Tugas akhir ini dilaksanakan pada bulan Juni - Desember 2023 yang bertempat di lahan Politeknik Negeri Jember dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari konsentrasi pupuk organik cair yang diberikan terhadap pertumbuhan bibit tanaman tebu dan berapa konsentrasi pupuk organik cair yang optimal terhadap pembibitan tebu. Kegiatan ini di analisis menggunakan perhitungan rancangan acak non faktorial menggunakan 4 perlakuan yaitu P1 tanpa pupuk organik cair, P2 dengan konsentrasi 10 ml/20L, P3 dengan konsentrasi 15 ml/20L. P4 dengan konsentrasi 20 ml/20L. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan penggunaan konsentrasi 20 ml/20L menunjukkan hasil pengaruh berbeda sangat nyata terhadap parameter tinggi, jumlah anakan dan jumlah daun, namun tidak memberikan pengaruh terhadap parameter berat basah dan kering akar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHarlianingtyas, IrmaNIDN0002069104
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Elisa Feby Dwiyanti
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:23
Last Modified: 09 Jul 2024 06:44
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33629

Actions (login required)

View Item View Item