Aktivitas Pemeliharaan Klentek Daun Tanaman Tebu ( Saccharum officinarum L.) di PTPN 1 Regional 5 Afdeling Porolinggo Kebun Kalitelepak Banyuwangi

'Ainurrohmah, Salsha Biila (2024) Aktivitas Pemeliharaan Klentek Daun Tanaman Tebu ( Saccharum officinarum L.) di PTPN 1 Regional 5 Afdeling Porolinggo Kebun Kalitelepak Banyuwangi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (82kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (30kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Magang Salsha Biila 'A..pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Magang merupakan salah satu kegiatan akademis yang ada di Politeknik Negeri Jember. Kegiatan Magang dilaksanakan di beberapa perusahaan yang di sebagian besar direkomendasikan pihak oleh kampus. PT. Perkebunan Nusantara 1 Regional 5 Kebun kalitelepak merupakan salah satu rekomendasi pihak kampus yang bergerak dibidang budidaya tanaman tebu. Tanaman tebu (Saccharum officinarum L.) merupakan salah satu komoditi hasil tanaman perkebunan yang banyak dibudidayakan di Indonesia.Tanaman tebu digunakan sebagai pemasok serta bahan baku utama pembuatan gula kristal yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat di Indonesia. Kegiatan magang di PT Perkebunan Nusantara 1 Regional 5 Kebun Kalitelepak memperoleh ilmu mengenai kegiatan budidaya tanaman tebu mulai dari proses persiapan lahan, pemilihan varietas yang akan ditanam, hingga pada saat kegiatan tebang muat angkut. Kegiatan magang budidaya tanaman tebu dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2024 sampai dengan 5 Juli 2024 di PT Perkebunan Nusantara 1 Regional 5 Kebun Kalitelepak Banyuwangi. Metode yang digunakan pada saat kegiatan magang yaitu metode observasi metode praktik lapang, metode wawancara, metode pustaka, dan metode dokumentasi. Dalam kegiatan pemeliharaan budidaya tanaman tebu, terdapat kegiatan klentek daun kering tanaman tebu. Kegiatan ini merupakan salah satu usaha penting dan memiliki tujuan agar produktivitas tanaman tebu terus menerus baik dan meningkat. Kegiatan klentek memiliki beberapa manfaat seperti mencegah tanaman tebu terserang hama penyakit, sirkulasi udara dan pencahayaan sinar matahari yang diperoleh tanaman tebu cukup, mencegah tanaman tebu roboh, serta manfaat lainnya. Hasil pelaksanaan magang di PT Perkebunan Nusantara 1 Regional 5 Kebun Kalitelepak telah memberikan pengetahuan, pengalaman kerja dan keterampilan mengenai kegiatan perusahaan maupun di lapangan khususnya budidaya tanaman tebu, kegiatan yang dilakukan dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan serta pengalaman kerja khususnya pada kegiatan klentek batang dengan menggunakan alat klentek, kegiatan magang dapat melatih mahasiswa untuk mengerjakan pekerjaan lapangan dan mempertahankan kerjasama yang baik antara Politeknik Negeri Jember dengan PT Perkebunan Nusantara 1 Regional 5 pada kegiatan klentek pemeliharaan tanaman tebu di Kebun Kalitelepak.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSugiyarto, SugiyartoNIDN196102201988031001
Uncontrolled Keywords: Tanaman Tebu, Klentek, Pemeliharaan
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Salsha Biila 'Ainurrohmah
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:23
Last Modified: 05 Jul 2024 01:24
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33582

Actions (login required)

View Item View Item