Pengaruh Lama Perendaman Kalium Nitrat (KNO3) Terhadap Perkecambahan Benih Kopi Robusta (Coffea canephora L.) Varietas Hibiro 1

'Ainurrohmah, Salsha Biila (2023) Pengaruh Lama Perendaman Kalium Nitrat (KNO3) Terhadap Perkecambahan Benih Kopi Robusta (Coffea canephora L.) Varietas Hibiro 1. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (85kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (150kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Proposal TA Salsha Biila 'Ainurrohmah.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kopi merupakan salah satu komoditi hasil tanaman perkebunan yang memiliki peranan cukup penting dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia. Dua jenis tanaman kopi yang banyak dibudidayakan di Indonesia adalah kopi robusta dan kopi arabika dua jenis lainnya yaitu liberika dan ekselsa. Tanaman kopi robusta lebih tahan dari serangan penyakit karat daun sehingga lebih banyak dibudidayakan. Perbanyakan tanaman kopi dapat dilakukan secara generatif dan vegetatif. Perbanyakan secara generatif menggunakan benih dinilai lebih efektif dan mudah dilakukan. Permasalahan yang muncul pada saat perbanyakan generatif menggunakan benih kopi adalah benih kopi memiliki kulit tanduk yang keras sehingga sulit diimbibisi air untuk melakukan perkecambahan. Dua metode yang dapat digunakan untuk mempercepat proses perkecambahan benih kopi adalah pengupasan kulit benih kopi dan perendaman benih kopi. Pengupasan kulit tanduk kurang efektif dilakukan karena memerlukan waktu yang lama jika jumlah benih dalam skala besar. Perendaman benih merupakan alternatif yang tepat dilakukan. Perendaman benih dengan bahan kimiawi merupakan salah satu caranya. Bahan kimia yang dapat digunakan sebagai perlakuan perendaman benih kopi yaitu Kalium Nitrat (KNO3). Kegiatan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui lama perendaman KNO3 efektif untuk memacu perkecambahan benih kopi robusta dikarenakan kulit benihnya yang sudah lunak karena adanya perlakuan. Kegiatan Tugas Akhir dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2023 sampai 9 Oktober 20203 di Green House Politeknik Negeri Jember. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) nonfaktorial yang terdiri dari 1 faktor yaitu berbagai waktu lama perendaman KNO3 konsentrasi 0,5%. Hasil kegiatan Tugas Akhir yang dilaksanakan diketahui bahwa KNO3 0,5% menunjukkan pengaruh berbeda nyata terhadap laju perkecambahan dan tinggi hipokotil namun tidak menunjukkan pengaruh berbeda nyata pada daya kecambah. Perlakuan lama perendaman KNO3 efektif terjadi pada perlakuan lama perendaman KNO3 0,5% selama 27 jam yang memiliki rata-rata tinggi hipokotil tertinggi serta rata-rata laju perkecambahan tercepat selain kontrol dan perlakuan lama perendaman KNO3 0,5% selama 21 jam memiliki rata-rata daya kecambah tertinggi pada semua perlakuan. Namun pada hasil Tugas Akhir rata-rata pada parameter tinggi hipokotil dan laju perkecambahan menunjukkan perlakuan kontrol lebih baik yaitu perendaman menggunakan aquades dibandingkan dengan perendaman menggunakan KNO3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTaufika, RamadhanNIDN199104012019031010
Uncontrolled Keywords: Perkecambahan, Kalium Nitrat, Robusta
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Salsha Biila 'Ainurrohmah
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:00
Last Modified: 05 Jul 2024 02:01
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33572

Actions (login required)

View Item View Item