Evaluasi Penerapan Rekam Medis ELektronik Unit Rawat Jalan Di Rumah Sakit Bethesda Yogykarta Dengan Metode Technology Acceptance Model

Inayati, Kunti Amalia (2023) Evaluasi Penerapan Rekam Medis ELektronik Unit Rawat Jalan Di Rumah Sakit Bethesda Yogykarta Dengan Metode Technology Acceptance Model. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Kunti Amalia Inayati_G41202218_Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (236kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Kunti Amalia Inayati_G41202218_BAB_1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (642kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Kunti Amalia Inayati_G41202218_Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (198kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Kunti Amalia Inayati_G41202218_Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta adalah salah satu rumah sakit tipe B yang telah menerapkan rekam medis elektronik sejak tahun 2015. Proses penerapan rekam medis elektronik dilakukan secara bertahap, unit pertama yang menerapkan rekam medis elektronik adalah rawat jalan. Penggunaan rekam medis elektronik di rawat jalan memiliki tujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses pelayanan kepada pasien. Penerapan rekam medis elektronik tentunya memudahkan petugas dalam proses pengolahan data, penyimpanan, dan pengaksesan data. Pelaksanaan rekam medis elektronik tentunya memerlukan evaluasi, dengan tujuan dapat menemukan permasalahan atau kendala yang dialami serta solusinya, sehingga mutu pelayanan dapat dipertahankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan rekam medis elektronik pada unit rawat jalan dengan menggunakan metode TAM. Metode TAM ini digunakan untuk melihat penerimaan pengguna berdasarkan aspek persepsi kemudahan penggunaan sistem, persepsi kemanfaatan, sikap pengguna terhadap penggunaan sistem, dan implementasi aktual. hasil evaluasi rekam medis rawat jalan dari aspek persepsi kemudahan penggunaan (Perceived Ease of Use) diperoleh skor 80,69% dan dalam kriteria baik. Hasil evaluasi berdasarkan persepsi kemanfaatan (Perceived Usefulness) mendapatkan skor 74,44% dan dalam kriteria baik. Hasil evaluasi berdasarkan sikap terhadap penggunaan (Attitude Toward Using) mendapatkan skor 77,7% dan dalam kriteria baik. Hasil evaluasi berdasarkan implementasi aktual mendapatkan skor 73,33% dan dalam kriteria baik. Berdasarkan uji korelasi yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan bernilai positif senilai 0,005 antara variabel Perceived Ease of Use (PEU) terhadap variabel Actual Usage dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,501. Ada hubungan yang signifikan dan bernilai positif senilai 0,000 dengan nilai korelasi sebesar 0,920 antara variabel Perceived Usefulness dengan Actual Usage. Ada hubungan yang signifikan dan bernilai positif senilai 0,000 dengan nilai korelasi sebesar 0,650 antara variabel Attitude Toward Using dengan Actual Usage.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWicaksono, Andri PermanaNIDN0005038702
Uncontrolled Keywords: Rekam Medis Elektronik, Technology Acceptance Model, Evaluasi
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Kunti Amalia Inayati
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:17
Last Modified: 08 Jul 2024 03:17
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33558

Actions (login required)

View Item View Item