Analisis Usaha Pembuatan Pupuk Kandang (Kondang B4P) Limbah Kotoran Kambing Di Desa Kalirejo Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro

Febriansyah, Deo Rizki (2024) Analisis Usaha Pembuatan Pupuk Kandang (Kondang B4P) Limbah Kotoran Kambing Di Desa Kalirejo Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (291kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (336kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Proposal Tugas Akhir Fix.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pupuk kandang (KONDANG B4P) merupakan produk pupuk berbahan dasar dari kotoran kambing murni dengan ditambah bahan tambahan berupa kapur dolomit sebagai penetral PH dan EM 4 sebagi dekomposer lalu difermentasikan selama 21 hari didalam terpal. Produk ini merupakan inovasi untuk mengatasi banyaknya limbah kotoran kambing yang tidak dimanfaatkan secara maksimal Metode yang digunakan dengan mengumpulkan data secara sekunder dan primer . Tugas akhir ini dilaksanakan selama 4 (empat) bulan yaitu mulai dari tanggal September 2023 sampai dengan tanggal Desember 2023 di Kabupaten Bojonegoro. Tujuan pelaksanaan tugas akhir ini adalah melaksanakan proses produksi, melakukan analisis usaha, dan melakukan pemasaran produk pupuk kandang (KONDANG B4P). Tahapan proses produksi pupuk kandang yaitu persiapan alat dan bahan, pemisahan antara kotoran kambing murni, pengaktifan EM, pencampuran dengan kapur dolomit dan EM 4, dengan fermentasi selama 21 hari, dan terakhir proses pengemasan. Metode analisis usaha yang digunakan yaitu Break Event Point dan R/C Ratio. Saluran pemasaran menggunakan 2 saluran yaitu secara langsung dan lewat perantara ke dua. Proses produksi dilakukan sebanyak 5 kali setiap 1 kali proses produksi menghasilkan 10 kemasan dengan berat bersih 5 Kg per kemasan. Hasil produksi (KONDANG B4P) dalam satu kali produksi menghasilkan 10 kemasan dengan isi 5 Kg pupuk kandang dan dijual dengan harga Rp.8.000,00 per kemasan Hasil perhitungan analisis usaha menghasilkan BEP (Produksi) 7,00 kemasan dari total produksi sebanyak 10 kemasan dan BEP (Harga) Rp.5.963,00 per kemasan dengan harga jual produk Rp.8.000,00 per kemasan, R/C Ratio sebesar 1,34. Berdasarkan hasil analisis usaha yang telah dilakukan, maka usaha pupuk kandang (KONDANG B4P) di Kabupaten Bojonegoro ini menguntungkan atau layak untuk dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDPristiwaningsih, Estin RosoNIDN0027109601
Uncontrolled Keywords: Analisis usaha, Pupuk Kandang, BEP, R/C Ratio
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 181 - Sosial Ekonomi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis (PSDKU Nganjuk) > Tugas Akhir
Depositing User: Deo Rizki Febriansyah
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:52
Last Modified: 19 Jul 2024 01:53
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33501

Actions (login required)

View Item View Item