Analisis Usaha Tani Tanaman Melon Honey Globe (Cucumis Melo L. inodorus) dengan Media Tanam Substrat yang Berbeda Sexara Hidroponik

Zawani, Firda Fatimah (2023) Analisis Usaha Tani Tanaman Melon Honey Globe (Cucumis Melo L. inodorus) dengan Media Tanam Substrat yang Berbeda Sexara Hidroponik. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (112kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (14kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (233kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN AKHIR LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman melon merupakan salah satu buah yang banyak disukai dan digemari oleh kalangan masyarakat di Indonesia. Namun, ketersediaan melon yang belum tercukupi disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurang ketersediaan lahan yang dapat digunakan untuk budidaya melon. Budidaya dengan menggunakan sistem hidroponik pada polybag dapat menjadi solusi mengembangkan tanaman melon di lahan yang sempit dan terbatas untuk menghasilkan melon yang berkualitas. Media yang digunakan dalam budidaya hidroponik dapat menggunakan bahan substrat seperti sabut kelapa (cocopeat), arang sekam, pasir, serbuk kayu, dll. Untuk dapat memahami potensi dari kegiatan produksi melon dengan sistem hidroponik perlu dilakukan suatu analisis usaha tani. Berdasarkan hasil pengamatan pada Tabel 4 dengan penggunaan media cocopeat dan cocopeat + arang sekam memberikan pengaruh tidak nyata terhadap seluruh parameter pengamatan baik vegetatif maupun generatif. Pada analisis usaha tani Berdasarkan pada Tabel 5 hasil analisis usaha tani menunjukkan bahwa pada penggunaan media cocopeat pada tanaman melon hidroponik menghasilkan produksi 14,12 kg dengan harga jual yaitu Rp 30.000 dengan kerugian Rp 347.589. Budidaya melon hidroponik dengan menggunakan media cocopeat tidak layak dijadikan suatu usaha tani dikarenakan R/C ratio < 1 yaitu sebesar 0,55. Pada penggunaan media cocopeat + arang sekam pada tanaman melon hidroponik menghasilkan produksi 11,73 kg dengan harga jual yaitu Rp 30.000 dengan kerugian Rp 439.950. Budidaya melon hidroponik dengan menggunakan media cocopeat tidak layak dijadikan suatu usaha tani dikarenakan R/C ratio < 1 yaitu sebesar 0,44.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKusparwanti, Tri RiniNIDN0019026203
Uncontrolled Keywords: Melon, Hidroponik, Analisis Usaha Tani
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: Firda Fatimah Zawani
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:38
Last Modified: 16 Jul 2024 03:29
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33499

Actions (login required)

View Item View Item