Karakteristik Fisikokimia Roasted Bean Kopi Robusta (Coffea canephora P.) Argopuro Jember Berdasarkan Level Roasting Dengan Metode Pengolahan Honey Dan Fullwash

Pramudianto, Pascal Ryan (2024) Karakteristik Fisikokimia Roasted Bean Kopi Robusta (Coffea canephora P.) Argopuro Jember Berdasarkan Level Roasting Dengan Metode Pengolahan Honey Dan Fullwash. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (31kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (97kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (94kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kopi merupakan salah satu komoditas penyumbang devisa negara dan penyedia lapangan kerja di Indonesia. Salah satu daerah penghasil kopi robusta terbanyak di Provinsi Jawa Timur adalah Kabupaten Jember. Peningkatan produksi kopi robusta tidak diimbangi dengan kualitas dari mutu biji kopi yang mempengaruhi cita rasa. Penurunan kualitas disebabkan oleh beberapa faktor yaitu penanganan pasca panen dan proses penyangraian. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dengan menggunakan metode pengolahan honey dan full wash. Upaya lain untuk meningkatkan kualitas biji kopi yaitu level roasting. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai karakteristik fisik dan kimia roasted bean kopi robusta Argopuro Jember dengan metode pengolahan honey dan full was. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-September 2022. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial. Faktor pertama metode pengolahan yang dibagi menjadi 2 yaitu honey dan full wash process. Faktor kedua level roasting light, medium, dan dark. Parameter pengamatan pada penelitian ini diantaranya rendemen roasted bean, densitas roasted bean, warna, perubahan volume, kadar air roasted bean, dan kafein. Hasil penelitian menunjukkan rendemen, densitas dan kadar air berbanding terbalik dengan level roasting, sedangkan untuk perubahan volume, warna, dan kafein berbanding lurus dengan level roasting. Densitas roasted bean dengan rata-rata 0,36gr/ml-0,48gr/ml; rendemen roasted bean 80,9%-90,3%; perubahan volume 22,49-44,09; warna roasted bean 30,30-83,20; kadar air roasted bean 5,85%-6,78%; kadar kafein 1,44%-1,92%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAlwi, Annisa Lutfi0007049108
Uncontrolled Keywords: Karakter fisikokimia, kopi robusta Argopuro Jember, level roasting, metode pengolahan, roasted bean.
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Pengelolaan Perkebunan Kopi > Tugas Akhir
Depositing User: Pascal Ryan Pramudianto
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:18
Last Modified: 02 Jul 2024 04:19
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33393

Actions (login required)

View Item View Item