Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Bagian Pendaftaran Rawat Jalan Dengan Metode PIECES Di RSUD Ibnu Sina Gresik

Arifin, Eka Reffa Yulia (2024) Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Bagian Pendaftaran Rawat Jalan Dengan Metode PIECES Di RSUD Ibnu Sina Gresik. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (46kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (537kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (164kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

RSUD Ibnu Sina Gresik telah menggunakan EHOS sejak tahun 2018 untuk pendaftaran rawat jalan. Namun dalam penerapannya masih menemui beberapa kendala yang sering terjadi diantaranya EHOS sering lemot atau loading lama dan belum bisa memberikan informasi untuk membuat laporan membutuhkan pengolahan lebih lanjut. Tujuan penelitian ini yaitu mengevaluasi EHOS terhadap kepuasan pengguna menggunakan metode performance, information, economic, control, efficiency, service (PIECES). Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi dan brainstorming. Subjek penelitian yaitu petugas pendaftaran, kepala rekam medis, kepala IT dan petugas IT. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil kerja EHOS berdasarkan aspek performance EHOS belum berjalan sesuai kebutuhan pengguna output atau laporan masih belum bisa langsung dari EHOS dan EHOS belum memiliki respon time yang baik, aspek information belum memberikan informasi sesuai kebutuhan pengguna, aspek economic belum pernah melakukan pelatihan terkait penerapan EHOS, aspek control EHOS memiliki integritas yang kurang baik karena belum pernah melakukan perubahan username dan password secara berkala, aspek efficiency EHOS belum mudah dipelajari dan dioperasikan, aspek service informasi yang dihasilkan tidak bisa dipercaya dan diandalkan. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu diharapkan pihak IT segera melakukan pengembangan dan perbaikan permasalahan yang terjadi pada EHOS. Pihak manajemen Rumah Sakit juga diharapkan untuk bekerja sama menyusun kebijakan terkait EHOS agar meningkatkatan mutu pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAlfiansyah, GamasianoNIDN0705049003
Uncontrolled Keywords: EHOS, Evaluasi, PIECES, SIMRS
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir
Depositing User: Eka Reffa Yulia Arifin
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:13
Last Modified: 03 Jul 2024 07:14
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33278

Actions (login required)

View Item View Item