Respon Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Krisan (Chrysanthemum morifolium) Pot terhadap Komposisi Media Tanam Hidroponik dan Konsentrasi Retardan Chlormequat Chloride

Putri, Salsabila Cahyani (2023) Respon Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Krisan (Chrysanthemum morifolium) Pot terhadap Komposisi Media Tanam Hidroponik dan Konsentrasi Retardan Chlormequat Chloride. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (164kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (102kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (160kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Krisan merupakan salah satu jenis tanaman hias yang lama dikenal dan digandrungi oleh masyarakat umum serta memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Dalam upaya mendapatkan Bunga Krisan pot yang memiliki mutu, kualitas yang baik serta tinggi tanaman yang sesuai, maka perlu adanya upaya perlakuan khusus seperti penggunaan retardan, di mana Chlormequat chloride merupakan salah satu zat pengatur tumbuh yang digunakan untuk mengendali kan pertumbuhan vegetatif tanaman. Pertumbuhan dan perkembangan tanaman krisan juga dipengaruhi oleh media tanam. Media yang baik membuat nutrisi tetap tersedia, kelembapan terjamin, dan drainase baik. Adapun media tanam hidroponik yang cocok dengan tanaman krisan pot yaitu cocopeat dan arang sekam karena memiliki daya serap air sangat tinggi, dapat memperbaiki pori–pori media tanam sehingga baik untuk respirasi akar, dapat mempertahankan kelembaban media karena memiliki pori yang lebih besar dan menyimpan unsur hara dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pengaplikasian retardan Chlormequat chloride dan beberapa komposisi media tanam hidroponik pada krisan pot. Penelitian ini dilaksanakan pada Juni – September 2023 di Teaching Factory Dataran Tinggi Politeknik Negeri Jember yang berada di Rembangan, Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Jember. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama komposisi media tanam yang terdiri dari P0 (Media Tanah), P1 (Cocopeat 100%), P2 (Cocopeat : Arang sekam 3 : 1), P3 (Cocopeat : Arang sekam 1:1), P4 (Cocopeat : Arang sekam 3:1). Faktor kedua retardan terdiri dari R0 (Tanpa retardan), R1 (Chlormequat 1500 ppm), R2 (Chlormequat 2500 ppm). Data dianalisis menggunakan sidik ragam (Anova), apabila berbeda nyata antara perlakuan di uji dengan Beda Nyata Terkecil (BNT) dengan taraf nyata 5%. ix Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman krisan pot dengan hasil terbaik terdapat pada perlakuan P0 komposisi media tanah dengan R0 tanpa pemberian retardan. Perlakuan komposisi media tanam berpengaruh sangat nyata pada tinggi tanaman dan jumlah daun. Perlakuan retardan berpengaruh nyata pada tinggi tanaman, lebar tajuk, jumlah knop, jumlah percabangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSukri, Muhamad ZayinNIDN001201630
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: Salsabila Cahyani Putri
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:47
Last Modified: 28 Jun 2024 01:48
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33194

Actions (login required)

View Item View Item