Studi Motilitas Spermatozoa Sapi Limousin Sebelum Dan Sesudah Pembekuan(Cryopreservation) Di Balai Inseminasi Buatan Lembang

Ardiansyah, Viranu (2024) Studi Motilitas Spermatozoa Sapi Limousin Sebelum Dan Sesudah Pembekuan(Cryopreservation) Di Balai Inseminasi Buatan Lembang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (258kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (272kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (260kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sapi Limousin salah satu jenis sapi yang digemari peternak di Indonesia. Sehingga permintaan sapi Limousin semakin tinggi, salah satu upaya memenuhi kebutuhan tersebut dengan memanfaatkan Inseminasi Buatan (IB). Salah satu faktor keberhasilan IB adalah kualitas semen beku yang digunakan, sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut unutk menjaga kualitas semen beku yang digunakan selama IB. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui kualitas semen beku, berupa motilitas sebelum dan sesudah dibekukan yang dihasilkan sapi Limousin. Tugas akhir ini dilaksanakan pada 1 September sampai 30 November 2023, yang bertempat di Balai Iseminasi Buatan Lembang, yang berlokasi di Jl. Kayu Ambon No 78, Desa/Kelurahan Kayuambon, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat 40391. Bahan yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah sapi Limousin berjumlah 10 ekor. Dengan parameter yang diamati berupa volume semen segar, konsentrasi semen segar, motilitas semen segar, dan motilitas spermatozoa sebelum pembekuan yang akan dibandingkan dengan motilitas spermatozoa setelah pembekuan. Metode yang gunkanan adalah dengan mengumpulkan data primer, kemudian data yang telah diperoleh nantinya dibandingkan dengan literatur. Diketahui hasil rata-rata volume semen sapi Limousin sebesar 6,49 mL. Rata-rata konsentrasi sapi Limousin adalah 1.226,4 juta/mL. Motilitas spermatozoa semen segar sapi Limousin memiliki rata-rata sebesar 71,9%. Kemudian untuk motilitas spermatozoa sebelum pembekuan rata-rata memiliki motilitas sebesar 60,3%. Sedangkan nilai motilitas spermatozoa setelah pembekuan turun dibandingkan dengan motilitas spermatozoa sebelum pembekuan, nilai motilitas spermatozoa setelah pembekuan sebesar 40,3%. Standar atau batas minimal nilai motilitas spermatozoa sebelum dibekukan sebesar 55% dan untuk motilitas setelah dibekukan sebesar 40%. Faktor utama yang menyebabkan perbedaan nilai motilitas spermatozoa pada saat sebelum dan sesudah pembekuan adalah penurunan suhu pada saat proses pembekuan, yang menyebabkan cekaman dingin atau cold shock sehingga mengakibatkan menurunnya nilai motilitas spermatozoa. Faktor lain yang menggakibatkan penurunan motilitas adalah thawing pada saat pemeriksaan motilitas semen beku Post Thawing Motility (PTM).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurkholis, NurkholisNIDN0003017805
Uncontrolled Keywords: Sapi Limousin, Spermatozoa, Motilitas, Pembekuan
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 219 - Bioteknologi Peternakan
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Viranu Ardiansyah
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:28
Last Modified: 28 Jun 2024 01:29
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33132

Actions (login required)

View Item View Item