Sortasi Daun Tembakau Di Koperasi Agrobisnis Tarutama Nusantara Jember.

Wihartini, Delia Nur (2024) Sortasi Daun Tembakau Di Koperasi Agrobisnis Tarutama Nusantara Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
1. Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (92kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (80kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5kB)

Abstract

Kegiatan magang berlangsung di Koperasi Agrobisnis Tarutama Nusantara Jember yang bergerak di bidang budidaya tanaman tembakau Na Oogst bawah naungan (TBN). Koperasi Agrobisnis Tarutama Nusantara (KOPA TTN) merupakan salah satu perusahaan swasta di Kabupaten Jember yang bergerak dibidang agribisnis dengan bentuk koperasi mandiri. KOPA TTN juga merupakan salah satu koperasi agrobisnis pengekspor tembakau sebagai bahan baku utama pembuatan cerutu terutama sebagai bahan pembalut cerutu (dekblad). Kegiatan magang ini dilaksanakan mulai tanggal 29 Januari – 24 Mei 2024. Budidaya Tembakau TBN perlu dikelola dengan baik dan benar, dimulai dari proses pembibitan, pemilihan lahan, penanaman, panen, pengeringan, sampai tahap pengolahan untuk dapat menghasilkan mutu produk yang siap jual sesuai dengan selera konsumen. Standart kualitas mutu produk didapatkan pada tahapan sortasi. Sortasi merupakan proses pemilihan daun tembakau yang bertujuan untuk mendapatkan pengelompokkan sesuai dengan kualitas, warna dan ukuran dalam bentuk untingan-untingan halus yang sebelumnya sudah melalui proses bir dan masak fementasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan magang ini yaitu dengan metode observasi, metode praktik lapang, metode wawancara, metode studi pustaka dan dokumentasi yang diambil dari setiap kegiatan magang. Hasil yang didapat dari kegiatan magang yang telah dilaksanakan yaitu dapat mempelajari keseluruhan proses budidaya tanaman tembakau TBN dari pembibitan sampai panen. Selian itu penulis juga memperlajari proses sortasi pada daun tembakau dimulai dari tahap I (ukur), tahap II (cacat), tahap IIA (tingkat cacat), tahap III (warna dasar).

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRahmawati, RahmawatiNIDN0031087607
Uncontrolled Keywords: Tanaman Tembakau Bawah Naungan (TBN) Budidaya Tanaman Tembakau TBN Koperasi Agrobisnis Tarutama Nusantara Sortasi Daun Tembakau
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Delia Nur Wihartini
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:03
Last Modified: 26 Jun 2024 02:04
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33102

Actions (login required)

View Item View Item