Arifin, Eka Reffa Yulia (2023) Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Bagian Pendaftaran Rawat Jalan Dengan Metode PIECES Di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (680kB) |
|
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (530kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (528kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit itu sendiri merupakan upaya dari rumah sakit untuk menyajikan informasi yang akurat, tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan guna menunjang proses fungsi manajemen dan pengambilan keputusan dalam memberikan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur telah diterapkan pada tahun 2012 dengan nama Healthy Plus. Berdasarkan dari studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti didapatkan bahwasanya SIMRS register pasien rawat jalan sering mengalami loading lama dan kematian sehingga menyebabkan gangguan terhadap kegiatan pelayanan pendaftaran pasien. Evaluasi terhadap penerapan SIMRS pendaftaran pasien rawat jalan yang dijalankan yaitu dengan cara mengetahui kemampuan SIMRS pendaftaran pasien rawat jalan terhadap sistem informasi manajemen dan bagaimana hasil evaluasi terhadap penerapan SIMRS register pasien rawat jalan yang dijalankan saat ini dengan cara wawancara kepada petugas pengguna SIMRS register pasien rawat jalan, kepala rekam medis dan petugas TI serta observasi terhadap SIMRS pendaftaran pasien rawat jalan. Tujuan penelitian ini Mengevaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit berdasarkan metode PIECES (Performance, Information, Economics, Control, Eficiency, Service). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan pada tanggal 18 September - 11 November 2023 di RSUD Haji Provinsi Surabaya. Objek dari Penelitian ini adalah SIMRS pendaftaran pasien rawat jalan dan subjek dari penelitian ini adalah 5 orang petugas pendaftaran rawat jalan, 1 orang kepala instalasi rekam medis dan 2 orang petugas TI dan 1 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Aspek Performance berjalan kurang maksimal, Indicator Throughput masih belum menyediakan hasil pendaftaran pasien rawat jalan dalam periode waktu tertentu, yaitu tidak bisa menampilkan jumlah kunjungan poli untuk hari ini, tetapi menampilkan semua kunjungan rumah sakit pada hari ini. Indikator respon time kurang baik karena respon time yang diberikan sistem buntuh waktu yang lama. Indikator kelaziman komunikasi sudah berjalan baik. Aspek Information sudah berjalan baik. Bila dilihat dari indikator Accuracy informasi yang dihasilkan oleh sistem menjadi akurat dan tidak bias. Indikator penyajian informasi, sistem belum mampu menampilkan bentuk laporan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Aspek Economic sudah berjalan dengan baik. Karena jumlah sumber daya manusia yang bertanggungjawab terhadap sistem yang sudah berjalan telah memadai. Aspek Control and Security sudah berjalan dengan baik. Karena kontrol dan keamanan data di sistem telah memiliki sistem integritas yang baik dengan memberikan username dan password serta pembatasan hak akses sesuai. Aspek Efficiency sudah berjalan dengan baik. Karena dari indikator usabilitas sistem telah mampu untuk dipelajar dan dioperasikan. Dengan mudah Dan dari indikator maintabilitas sistem telah mampu memberikan peringatan mengenai kesalahan yang terjadi. Aspek Service sudah berjalan dengan baik. Karena sistem telah mampu memberikan ketelitian komputasi dan kontrol dengan baik. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah diharapkan Dilakukan pengembangan dan perbaikan jaringan internet dan pembaharuan hardware ke hardware yang terbaru dan memiliki kapasitas yang besar serta server yang tidak terpusat, sehingga respon time yang diberikan oleh SIMRS pendaftaran pasien rawat jalan menjadi lebih cepat dan tidak terjadi gangguan dalam pelayanan pendaftaran dan dibuatkan SPO Down Time pelayanan pendaftaran rawat jalan Rekam Medis untuk mengetahui alur dan cara penanganan jika terjadi down time atau eror SIMRS.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | SIMRS, Evaluasi, Pendaftaran | ||||||
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 353 - Kebijakan Kesehatan (dan Analis Kesehatan) 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan |
||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL | ||||||
Depositing User: | Eka Reffa Yulia Arifin | ||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2024 01:50 | ||||||
Last Modified: | 03 Jul 2024 01:51 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33071 |
Actions (login required)
View Item |