Pengukuran Kinerja Dosen Pada Sistem Evaluasi Pembelajaran Mahasiswa Program Studi D4 Teknik Informatika JTI Dengan Metode AHP Studi Kasus Politeknik Negeri Jember

Ilham, Tegar karunia (2024) Pengukuran Kinerja Dosen Pada Sistem Evaluasi Pembelajaran Mahasiswa Program Studi D4 Teknik Informatika JTI Dengan Metode AHP Studi Kasus Politeknik Negeri Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
PENGUKURAN KINERJA DOSEN PADA SISTEM EVALUASI PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM STUDI D4 TEKNIK INFORMATIKA JTI DENGAN METODE AHP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan syarat mendasar bagi rekonstruksi suatu peradaban. Ini adalah layanan dasar yang dibutuhkan setiap individu dan tanggung jawab yang harusdilakukan oleh negara. Politeknik Negeri Jember merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasional, yaitu program pendidikan yang mengarah proses belajar mengajar pada tingkat keahlian, keterampilan, dan standar kompetensi yang spesifik sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan stakeholder, serta mempunyai kemandirian dalam berkarya dan berwirausaha berbasis IPTEKS yang diperolehnya. kompetensi diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak. Arti lain dari kompetensi adalah spesifikasi dari pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dimiliki seseorang khususnya seorang tenaga pendidik serta penerapannya di dalam dunia pendidikan, sesuai dengan standar undang-undang guru dan dosen. Kinerja mahasiswa dalam kelompok ketika menganalisis aturan atau pedoman, misalnya buku panduan penulisan skripsi, tugas akhir, dan karya ilmiah tampak meliputi aspek kegiatan membaca, mengeksplorasi, dan mempresentasikan. Dalam menganalisis jurnal ilmiah kegiatan mahasiswa dalam kelompok meliputi aspek membaca, merencanakan, menganalisis, mengeksplorasi, dan memverifikasi. Di Program Studi D4 Teknik Informatika di politeknik negeri jember, keahlian dalam penilaian Kompetensi pendagogik dosen dan kinerja pembelajaran mahasiswa masih menggunakan rata-rata dalam proses penilaian,Hal ini dapat mengakibatkan kurangnya akurasi dan objektivitas dalam evaluasi kinerja dosen dan mahasiswa.maka upaya untuk menyikapi hal tersebut dilakukannya penelitian yang berjudul pengukuran kinerja dosen pada sistem evaluasi pembelajaran mahasiswa program studi d4 teknik informatika jti dengan metode ahp,Metode tersebut berguna untuk menilai bobot dari setiap faktor yang berpengaruh,sehingga akan memberi hasil evaluasi yang lebih tepat dan faktual. Dalam penelitian ini digunakan 15 kriteria. Berdasarkan hasil pengujian, unit dan nilai yang diperoleh dari php unit testing 16 test dan 89 assertion sedangkan metode user acceptance testing adalah 74.17%, dan hasil dari pengujian black box testing adalah 96.97%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorArifin, SyamsulNIDN0015068202
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process (AHP), Pengukuran kinerja dosen, Sistem Pendukung Keputusan.
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika (Bondowoso) > Tugas Akhir
Depositing User: Tegar Karunia Iiham
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:04
Last Modified: 16 Jul 2024 03:05
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32917

Actions (login required)

View Item View Item