Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Praktik kerja industri di Sekolah Menengah Kejuruan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting

Anggraini, Marisa Setya (2024) Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Praktik kerja industri di Sekolah Menengah Kejuruan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (195kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN..pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (271kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Industri adalah salah satu kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan dalam melaksanakan pembelajaran untuk memberikan pengalaman kepada siswa dan siswi, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja nyata kepada siswa. Praktik kerja industri yang merupakan program wajib yang diselenggarakan sekolah khususnya Sekolah Menengah Kejuruan dan juga merupakan salah satu syarat kelulusan. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan koordinator praktik kerja industri proses penentuan tempat praktik kerja industri pada jurusan Teknik Jaringan Akses sering sekali mengalami kesulitan dalam menentukan tempat yang sesuai dengan kompetensi dan keahlian siswa siswinya, sehingga banyak sekali siswa dan siswi yang melaksanakan kegiatan praktik kerja industri mendapatkan tempat yang tidak sesuai. Hal tersebut menimbulkan dampak yang kurang baik, tidak jarang selama menjalani praktik kerja industri terkadang siswa tidak masuk atau membolos dan terkadang membuat masalah ditempat praktik kerja industri sehingga mengurangi kepercayaan pihak mitra tempat praktik kerja industri dengan pihak sekolah. Berdasarkan permasalahan di atas, perlu adanya sistem kecerdasan untuk memudahkan dan membantu koordinator praktik kerja industri jurusan teknik jaringan akses dalam pemilihan tempat praktik kerja industri yang sesuai dengan kompetensi pribadi siswa. Sistem kecerdasan ini berupa sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan terkait pemilihan tempat praktik kerja industri siswa yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Aplikasi diakses oleh koordinator praktik kerja industri. Koordinator praktik kerja industri nantinya dapat menginputkan nilai mata pelajaran sebagai bahan penentuan pemilihan tempat praktik kerja industri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAfriansyah, Faisal LutfiNIDN0029049102
Uncontrolled Keywords: Simple Additive Weighting
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 459 - Ilmu Komputer
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Marisa Setya Anggraini
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:58
Last Modified: 24 Jun 2024 06:58
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32892

Actions (login required)

View Item View Item