Perancangan Standard Operating Prosedure (SOP) Pada Proses Produksi Keripik Singkong Nugi Jaya Kecamatan Kota Sumenep Kabupaten Sumenep

Komariyah, Nurul Isti (2024) Perancangan Standard Operating Prosedure (SOP) Pada Proses Produksi Keripik Singkong Nugi Jaya Kecamatan Kota Sumenep Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (411kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (356kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (249kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Standard Operating Procedure (SOP) sebagai langkah kerja yang teratur dan sistematis sebagai acuan pelaksanaan kerja untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang, menerapkan dan mengevaluasi Standard Operating Procedure (SOP) proses produksi keripik singkong Nugi Jaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan model analisis data Miles And Huberman. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuisioner terbuka dengan wawancara, yang dicatat dalam suatu log book atau buku catatan. Hasil penelitian ini adalah (1) Proses pembuatan keripik singkong dimulai dari persiapan bahan baku, pengupasan kulit singkong, pencucian singkong, sortasi dan pengirisan, penggorengan dan penyiraman air garam, penirisan dan pengolesan bumbu, dan pengemasan. (2) Perumusan pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) mulai dari SOP pra produksi yang terdiri dari proses : persiapan bahan baku, pengupasan kulit singkong, dan pencucian singkong. SOP Produksi yang terdiri dari proses sortasi dan pengirisan, penggorengan dan penyiraman air garam, penirisan dan pengolesan bumbu. SOP Pasca Produksi yang terdiri dari proses pengemasan. (3) Hasil evaluasi penerapan SOP yakni perbaikan pada penggunaan alat pelindung diri (APD), kemudian pada proses pencucian harus dipastikan bersih, dan pada proses penggorengan untuk suhu dan waktu penggorengan harus selalu sesuai dengan prosedur. Penerapan Standard Operating Procedure (SOP) pada Nugi Jaya memberikan kesan yang baik bagi karyawan dimana kebersihan dan higienitasnya lebih terjaga, dan kualitas produknyapun juga lebih membaik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRetnowati, NaningNIDN0024018302
Uncontrolled Keywords: Keripik Singkong Nugi Jaya, Standard Operating Procedure (SOP)
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > Tugas Akhir
Depositing User: Nurul Isti Komariyah
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:47
Last Modified: 12 Jun 2024 02:49
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32765

Actions (login required)

View Item View Item